Metropolis

Nelayan di Kariangau Dapat Bantuan Kelola Ekowisata Mangrove

Rumah makan apung berbentuk kapal bantuan Pertamina MOR VI ini nantinya berada di bawah pengelolaan Kelompok Kariangau Lestari. 

Balikpapan, DiswayKaltim.com – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI Kalimantan menyerahkan bantuan kepada kelompok nelayan Semangat Baru Kariangau berupa pengembangan  program ekowisata mangrove. Program tersebut menyasar dua hal sekaligus, yakni pelestarian lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat nelayan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan Operation Head Depot LPG Balikpapan Ali Akbar Tampubolon.

Baca Juga

“Penambahan fasilitas di kawasan ini bisa menjadi tujuan wisata baru di Kariangau, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Rizal Effendi.

Dia mengingatkan warga akan pentingnya menjaga kelestarian mangrove. “Ini juga sumber pakan untuk kepiting yang dibudidayakan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, wali kota melakukan penebaran bibit kepiting serta menyerahkan secara simbolis bantuan bibit mangrove.

Sementara itu Operation Head Depot LPG Balikpapan Ali Akbar Tampubolon menjelaskan berbagai bantuan yang diberikan Pertamina adalah budidaya kepiting bakau, pelatihan pembuatan produk makanan olahan, dan pembangunan rumah makan apung berbentuk kapal.

“Kami melihat potensi pemberdayaan masyarakat dan pengembangan wisata bisa dilakukan secara beriringan di kawasan jembatan ulin ini, karena umumnya masyarakat bekerja sebagai nelayan,” kata Ali Akbar.

Pembuatan rumah makan berbentuk perahu tersebut, selain menambah fasilitas kawasan wisata, juga menjadi tempat pemasaran hasil produk tambak dan makanan olahan buatan masyarakat.

Rumah makan ini dikelola oleh para ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Kariangau Lestari. Mereka umumnya para ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan dan hanya mengandalkan penghasilan suami sebagai nelayan.

“Maka dengan program ini, keduanya mendapat manfaat. Sehingga diharapkan pendapatan domestik mereka bisa terpenuhi, dan kesejahteraan meningkat,” harapnya.

Sasaran dari program CSR Depot LPG Balikpapan ini adalah masyarakat RT 01 & 02 Kariangau, Kecamatan Balikpapan Utara.

Dalam pelaksanaan program ini, Pertamina bekerjasama dengan Econatural yang menyusun tahap perencaaan hingga pelaksanaan.

Pembangunan keramba dan rumah makan tersebut dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat Kariangau, sehingga diharapkan menumbuhkan rasa memiliki terhadap bantuan yang diberikan. (K/fey/eny)

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button