Metropolis

Kemenag Imbau Salat Saat Gerhana Malam Ini

Ilustrasi gerhana bulan. (int)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Kementerian Agama mengeluarkan edaran untuk melakukan salat saat gerhana nanti malam. Edaran tersebut sudah disampaikan ke seluruh kantor Kementerian Agama se-Indonesia.

Dalam surat imbauan bernomor B.2862/DJ.III.I/BA.03.1/07/2019  itu, ditujukan kepada seluruh kepala Kanwil Kemenag se-Indonesia. Surat tersebut dibuat 12 Juli 2019 lalu.

Baca Juga

Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Sofianor membenarkan hal itu. “Suratnya langsung ditujukan ke Kemenag kabupaten/kota. Di kami enggak ada membuat dan mengirim surat itu,” katanya kepada DiswayKaltim.com, Selasa (16/7/2019).

Dalam surat itu terdapat tiga poin. Pertama, menginstruksikan kepala Kanwil Kemenag provinsi dan kabupaten/kota, kabid urusan agama Islam, dan kepala KUA untuk bersama ulama serta pemuka agama melakukan salat gerhana bulan (khusuf Al Qamar).

Kedua, pelaksanaan salat dilakukan di masing-masing wilayah sesuai dengan kondisi daerah. Ketiga, Kemenag juga menyampaikan tata cara salat gerhana.

“Sesuai surat dari Kemenag  tersebut, maka kami mengimbau seluruh masyarakat muslim pada umumnya untuk lakukan salat gerhana sesuai tuntunan agama Islam,” tutup Sofianor. (m3/eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button