HLMetropolis

Transfusi Darah Tak Perlu Lagi ke Balikpapan

Wakil Bupati PPU Hamdan berbincang dengan Dirut RSUD Aji Putri Botung Jansje Grace Makisurat, Selasa (9/7/2019). (Humas Pemkab untuk DiswayKaltim.com)

RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU Segera Miliki UTD  

Penajam, DiswayKaltim.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung milik Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) dalam waktu dekat akan dilengkapi dengan pelayanan Unit Transfusi Darah (UTD).

Baca Juga

Alhamdulillah, kami sangat bersyukur  dengan adanya fasilitas UTD ini nantinya di RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU. Tentu manfaat itu akan kita rasakan bersama  seluruh masyarakat PPU,” ujar Wakil Bupati PPU Hamdam.

Hamdan pun meminta pihak RSUD mempersiapkan tenaga yang akan bertugas di bagian pelayanan UTD. Termasuk menyiapkan fasilitas penunjang lainnya. Sehingga keberadaan UTD bisa bermanfaat dan dirasakan masyarakat PPU.

“Ini telah menjadi bagian dari komitmen kami bersama dirut RSUD dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan. Semoga UTD ini segera berfungsi di RSUD PPU ini,” harapnya.

Sementara, Dirut RSUD Aji Putri Botung Jansje Grace Makisurat menjelaskan, salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam pembentukan pelayanan UTD ini adalah rumah sakit harus memiliki rekomendasi sehingga dianggap layak.

Namun sebelum memperoleh rekomendasi tersebut, katanya, RSUD  harus divisitasi oleh tim yang terdiri dari Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Balai POM Provinsi Kaltim dan PMI Provinsi Kaltim maupun dan Dinas Kesehatan PPU.

“Tim inilah nantinya yang akan menilai apakan UTD tersebut telah memenuhi standar. Jika sudah memenuhi standar yang ditentukan kemudian keluar lah rekomendasi tersebut. Setelah itu tahapan selanjutnya kami akan mengajukan izin operasional UTD ini ke Dinas Perizinan Kabupaten PPU, kemudian baru bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Grace.

Kata dia, pelayanan UTD ini nantinya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan darah. Khususnya, jika stok darah sedang kosong dan keluarga pasien tidak harus mencari ke Balikpapan.

“Dengan adanya UTD ini nantinya alur panjang untuk memperoleh kebutuhan darah itu dapat terpangkas di RSUD kita. Fasilitas dan SDM kami yang dibutuhkan telah tersedia, diharapkan dalam waktu dekat pelayanan ini dapat berjalan,” pungkasnya. (K/ajtr/eny)

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button