HLMetropolis

Tiga Hari Eror, Provider PPDB Online Dievaluasi

banner diskominfo kaltim

Meski sempat down, server PPDB online SMA/SMK kembali pulih hingga hari terakhir pendaftaran 5 Juli 2019, termasuk saat pengumuman hari ini, Senin (8/7/2019).(ist)

Samarinda,DiswayKaltim.com –  Pengumuman Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online SMA/SMK diklaim tidak menuai masalah pada server. Seperti diketahui, saat proses pendaftaran server sempat mengalami penurunan fungsi hingga hari ketiga pendaftaran.

Hal demikian ditegaskan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Samarinda, Hasto. Kata dia, secara umum permasalahan pada PPDB hanya saat pendaftaran online. Adapun penurunan fungsi atau down server yang sempat terjadi lantaran terjadi gangguan pada pihak Google.

Baca Juga

“Katanya mereka menggunakan server Google dan ada gangguan di seluruh Asia, makanya sempat ngadat,” jelas Hasto, Senin (8/7/2019).

Tapi pada hari keempat atau hari terakhir pendaftaran pada 5 Juli, server berangsur pulih seperti semula. Hasto menyebut menurunnya fungsi sistem itu karena banyaknya pengguna yang masuk di situs ppdb.disdik.kaltimprov.go.id.

“Karena pengguna banyak sekali dan banyak yang harus dipelototi (perhatikan, red). Jadi selama itu banyak kerjaan,” tambah Hasto.

Hasto bahkan menyebut pihak MKKS SMA dan SMK beserta Disdik langsung mengevaluasi penyedia jasa provider asal Bandung, Jawa Barat tersebut.

“Kami sempat marah pada mereka di rapat sampai mereka pucat. Kami bilang kalau menyerah, lempar handuk putih saja. Dan mereka masih menyanggupi,” sebutnya. “Tapi marah kami masih sesuai etika, hanya menegur. Tapi akhirnya server normal kembali,” tutup Hasto.

Diketahui, tahapan dan jadwal PPDB online SMA/SMK adalah pra-PPDB pada 24 hingga 28 Juni. Setelah itu dilanjutkan pendaftaran online pada 1 Juli hingga 5 Juli. Pengumuman dijadwalkan 8 Juli, kemudian pendaftaran ulang untuk siswa diterima pada 10 hingga 12 Juli. (m3/eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button