HLMetropolis

APT Pranoto Ditutup Tiga Jam

Cuaca di Bandara APT Pranoto dan sekitarnya yang tidak memungkinkan untuk terbang.

Cuaca Buruk, Jarak Pandang Pilot Terbatas

Samarinda, DiswayKaltim – Bandara APT Pranoto kembali ditutup selama tiga jam lantaran cuaca buruk. Hal demikian sekaligus menepis rumor yang menyebut bandara ditutup tiga hari.

“Kabar burung ya, yang betul cuma tiga jam,” ujar Kepala Bandara APT Pranoto Dodi Dharma Cahyadi melalui akun whatsapp, Sabtu (15/6). Pihaknya menyebut bandara cuma ditutup tiga jam akibat buruknya cuaca di Samarinda. Kondisi itu pun membuat jarak pandang menjadi terbatas.

Dalam dunia penerbangan kondisi ini masuk dalam Notam (Notice to Airmen). Notam adalah notifikasi atau informasi yang tidak tercantum dalam peta mengenai keadaan bandar udara, runway, navigasi dan lainnya. Terbatasnya jarak pandang runway pun masuk dalam notifikasi Notam tersebut. “Notam karena visibility (jangkauan) minimal,” jelasnya,

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Temindung, Juli Budi Kisworo membenarkan hari ini terjadi hujan deras. Meski merata namun curah hujannya justru berbeda. Berdasarkan pengamatan BMKG, jumlah curah hujan di APT Pranoto adalah 63 milimeter atau dianggap cukup deras. “Sementara di Temindung cuma 19 milimeter atau hujan ringan,” beber Budi.

Dia menjelaskan angka curah hujan tidak akan melampaui 100 milimeter seperti yang pernah terjadi Minggu (9/6) lalu. “Yang jadi masalah tanah kita sudah jenuh, banyak banjir, penyerapan berkurang, air bisa lambat turun,” tutup Budi. (m3/dah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button