Metropolis

Hari Ini dan Besok Diprediksi Masih Hujan

Juli Budi Kisworo

Samarinda, DiswayKaltim – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur Kaltim hingga beberapa hari mendatang. Meski curah hujan masih terbilang normal namun peluang banjir masih tetap ada lantaran air laut masih pasang.

Hal demikian diutarakan Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Temindung, Juli Budi Kisworo.

Baca Juga

Ia menjelaskan normalnya bulan Juni curah hujan terutama di Samarinda ukurannya adalah 180 milimeter. Hingga saat ini hujan yang turun angkanya sudah 145 milimeter.

“Artinya masih tersisa 35 milimeter. Kami kira ini masih normal,”terang Budi.

Untuk hari ini hingga esok, pihaknya memprediksi hujan akan tetap turun namun dengan curah yang rendah. Curah hujan tinggi lanjutnya sudah terjadi Minggu (9/6) lalu yang angkanya mencapai 100 milimeter.

“Beberapa hari mendatang akan turun hujan, tapi tidak tinggi,”lanjut Budi.

Meski hujan tidak tinggi tapi banjir masih mengancam. Ini lantaran kondisi pasang air laut yang berdampak pada naiknya debit Sungai Mahakam.

“Pasangnya tidak tentu, kebetulan kita enggak ada hujan sekarang. Karena tidak ada hujan tak ada tambahan debit, artinya masih normal,” jelas Budi.

Terkecuali jika ada air pasang maka banjir akan terjadi. “Kemungkinan untuk banjir ada tapi tidak sehebat sebelumnya,” beber Budi. (m3/dah)

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button