BalikpapanIndex BeritaMetropolis

Kaltim Waspada, Lagi-Lagi 13 Titik Panas Terpantau di Empat Kabupaten

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Kalimantan Timur (Kaltim) perlu waspada akan adanya bahaya kebakaran hutan dan lahan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan menemukan 13 titik panas (hotspot) yang terpantau di empat kabupaten di Kaltim. Pihak terkait di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota pun sudah diminta melakukan penanganan dan langkah antisipasinya.

“Ada 13 hotspot terpantau kemarin Minggu (5/6) mulai pukul 01.00 – 12.00 wita,” ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Ilham Rosihan Fachturoni, Senin (6/6/2022).

Menurut Ilham, hasil pantauan titik panas tersebut sudah diinformasikan kepada instansi terkait baik provinsi maupun kabupaten. Terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat , agar mereka dapat melakukan tindakan lebih lanjut untuk penanganannya.

Dua hari sebelumnya, juga terdeteksi 10 titik panas yang tersebar pada tiga kabupaten dan langsung diinformasikan ke BPBD setempat, kini titik panas tersebut sudah hilang. Sedangkan 13 titik panas yang terdeteksi itu merupakan hotspot di titik koordinat berbeda, meski ada yang berada di kabupaten yang sama.

Baca Juga

Sebanyak 13 titik panas yang terdeteksi tersebut berada di empat kabupaten, yakni Kabupaten Berau terdapat 4 hotspot; Kabupaten Kutai Kartanegara 3 hotspot; Kabupaten Kutai Timur 5 hotspot; dan Kabupaten Paser terpantau 1 hotspot.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button