Balikpapan

Mendagri Sorot Kekosongan Wakil Wali Kota Balikpapan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyoroti posisi jabatan lowong wakil kepala daerah di Kota Balikpapan. Hal ini ditegaskan melalui surat Kemendagri nomor 132/8067/OTDA, yang ditujukan kepada beberapa kepala daerah.

Yakni Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Gubernur Kalimantan Tengah, Gubernur Kalimantan Barat, terkait pengisian kekosongan wakil kepala daerah.

Surat itu ditandatangani Direktur Jenderal Otonomi Daerah  (Dirjen OTDA) Kemendagri Akmal Malik, Desember 2021.

Baca Juga

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyebut pembicaraan terkait pemilihan sosok yang akan mendapingi kepemimpinannya selama menjabat, masih dibahas di DPRD Balikpapan.

Proses politiknya masih berjalan. “Jangan tanya saya. Tanya sama dewan,” ujar Rahmad, Kamis 13 Januari 2022.

Adapun surat Kemendagri membahas ketentuan Pasal 176 Undang-Undang (UU) 10/2016, yang menyatakan dalam hal wakil bupati atau wakil wali kota berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri, atau diberhentikan, maka pengisian jabatan dilakukan melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD Kabupaten/Kota.

Pemilihan itu dilakukan melalui usulan dari partai politik atau gabungan partai politik pengusung yang akan mengusulkan dua nama, untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button