Imbas Hujan Deras, Tanah Longsor Timpa 1 Rumah di Gunung Bahagia

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan sejak Kamis (9/9/2021) dini hari mengakibatkan sejumlah ruas jalan terendam air. Bahkan pada pagi hari pukul 08.00 Wita, satu rumah warga menjadi korban longsoran tanah.

Dinding rumah milik Tama, di RT 40 Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan ini jebol, lantaran tak kuat menahan tanah dan air dari bagian atas rumahnya.

“Kejadiannya sekitar pukul 08.00 Wita tadi pagi, mas,” ujarnya kepada nomorsatukaltim.com-Disway News Network (DNN).

Saat itu, Tama bersama keluarganya sudah menaruh curiga akan terjadi tanah longsor. Pasalnya, sekitar pukul 07.30 Wita, ia menemukan tembok dinding rumahnya yang dekat dengan dapur sudah retak dan mengeluarkan air.

“Enggak ada bunyi, cuma dinding itu sudah retak-retak dan keluar air,” jelasnya.

Mengetahui hal tersebut, Tama pun langsung menyuruh istri dan anak-anaknya mengungsi keluar dari rumah. Hal ini lantaran ia takut jika terjadi longsor yang cukup parah.

Tak lama berselang setelah keluarganya keluar rumah, tembok berukuran 3×2 meter yang terbuat dari batu bata tersebut langsung roboh menutupi dapurnya.

Tama yang berprofesi sebagai penjual tahu tek itu pun langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Ketua RT setempat untuk mendapat bantuan.

“Habis saya laporkan, langsung sama warga dibantu mengeluarkan material longsoran ini. Batu dan tanah lempung ini buang di samping rumah aja,” tambahnya.

Hingga pukul 12.30 Wita, warga bersama Tama pun terus membersihkan material longsoran di bagian dalam rumahnya.

Ia pun tak akan mengungsi dari rumahnya, pasalnya masih ada dua buah kamar tidur yang bisa digunakan untuk beristirahat.

“Enggak, di sini aja. Masih ada dua kamar buat istirahat kok,” tutupnya.

Diketahui, di rumah ini Tama tinggal dengan istri dan anak beserta cucunya. Total terdapat 2 kepala keluarga (KK) dengan lima jiwa. (Bom/zul)

Leave A Reply