BalikpapanHL

Novie, Polisi Tangguh Balikpapan, 1 Tahun 9 Bulan Tugas di Sudan

Iklan Ucapan Selamat Rektor Unmul

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Syok. Kaget. Tak percaya. Dia menyaksikan sendiri di depan matanya seorang anak menenteng AK47. Ada juga yang bawa RPG. Yang kalau terjatuh ke bumi, bum, seketika meledak. Memori itu sulit dihapus diingatan Novie. Polisi wanita asli Balikpapan.

Perempuan 30 tahun ini termasuk beruntung. Menjadi satu-satunya Polwan dari Kaltim yang merasakan bertugas di Golo Tob, Sudan, Afrika. Keinginannya itu bermula dari rasa penasaran. Saat dia menerima informasi akan ada polisi yang bertugas di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Ada senior saya yang ke PBB. Jadi saya cari tahu bagaimana bisa sampe kesana, bekerja di bawah naungan PBB. Itu kan sebuah kebanggaan jika bisa seperti itu. Apa lagi saya seorang polwan tentunya bisa membuat berbeda dengan polwan lainnya,” ujar peremuan berpangkat Brigadir ini.

Informasi lengkap mengenai Pasukan Garuda sudah didapat. Saat itu pula tekad Brigadir di Dikyasa Satlantas Polresta Balikpapan ini membuncah. Dia mendaftarkan diri masuk ke Formed Police United atau Pasukan Garuda Indonesia. Enam orang dari Polda Kaltim. Termasuk dia. Tapi yang lolos dan dikirim hanya 5.

Baca juga: Mufakat Kanjeng Sinuhun (6): Nada Ancaman

“Tapi sebelum berangkat ke Sudan itu saya harus masuk pendidikan dulu selama 7 bulan,” tambahnya. Ketiga anaknya terpaksa ditinggal. Selama pendidikan beberapa hal ia pelajari. Diantaranya bahasa arab. Dan menggunakan senjata laras panjang. Ternyata Novie sempat minder.

“Karena kan saya dari polisi biasa, jadi saya masih awam dengan senjata jenis Stayer dan SS2 begitu. Ditambah lagi latihannya ada ketepatan dan ketangkasan taktikal. Jelas lah rasa minder itu ada sekali,” tuturnya.

9 Maret 2019. Saat yang dinantikan akhirnya tiba. Untuk pertama kalinya helm biru dengan logo PBB menutupi kepalanya selama bertugas. Brigadir Novie tergabung dalam FPU 11 atau yang pertama kali memberangkatkan Pasukan Garuda berkomposisi 15 Polwan. Kakinya siap melangkah, menjejal tanah Benua Hitam. “Kami tugas di Golo Tob, Sudan,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button