Balikpapan

30 September, Dandim 0905/Balikpapan Minta Sejarah Tetap Ada di Bangku Sekolah

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Segala informasi mudah didapatkan di era digital saat ini. Termasuk mengenai sejarah yang terjadi di Indonesia. Kendati cukup banyak fakta sejarah dan peristiwa yang diputarbalikan.

Hal itu dikatakan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0905/Balikpapan, Kolonel Arm I Gusti Putu Agung Sujarnawa. Ia berpendapat, pendidikan sejarah perlu dipertahankan dalam kurikulum pendidikan nasional.

“Sangat perlu. Saya pernah bilang masa lalu itu pembelajaran, masa kini adalah milik kita, dan masa depan adalah harapan,” ujarnya, Selasa (29/9/2020).

Kendati demikian, dirinya menekankan agar berita apapun termasuk sejarah untuk benar-benar disaring. Mengingat informasi di dunia maya, seperti internet dan media sosial cukup deras.

“Memang di era digital sekarang, banyak berita yang terhadap sejarah pun, siapa yang unggah pertama itu yang dianggap benar. Padahal ini harus disaring,” jelasnya.

Dandim lantas menyebut, konten terkait mencintai bangsa dan mempertahankan Pancasila serta keutuhan NKRI adalah yang benar.

“Tapi kalau isinya tidak menjaga keutuhan dan tidak menerapkan nilai-nilai Pancasila, itu patut dipertanyakan,” tambahnya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button