Universitas Widya Gama Mahakam
Balikpapan

Surat Keterangan Bepergian Rentan Direkayasa

Suasana pemeriksaan calon penumpang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan. (Andrie/Disway)

Balikpapan, Diswaykaltim – Penerbangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) telah dibuka. Namun ditemukan tujuh calon penumpang menggunakan dokumen mencurigakan.

Baca Juga

“Surat keterangan enggak sesuai dengan ketentuan. Kami pulangkan. Banyak yang coba mudik,” ujar General Manager Angkasa Pura I Balikpapan, Farid Indra Nugraha.

Dari dokumen yang disertakan calon penumpang tersebut, tidak bisa dipertanggungjawabkan. Apalagi dalam surat dicantumkan alasan pulang kampung saja.

“Contoh, dia buat pernyataan keterangan tertulis. Memang diketahui lurah. Tapi di kelurahan sudah ada surat standar. Nah, ini dalam tanda petik, kami curiga direkayasa,” jelasnya.

Farid menjelaskan kondisi Bandara SAMS tidak terlihat ramai. Apalagi sampai menimbulkan antrean. Pasalnya penumpang yang diterbangkan setiap hari hanya sekitar 300 penumpang.

“Kami ingatkan calon penumpang agar selektif melakukan perjalanan. Jangan cuma bepergian tapi bisa jadi menyebarkan corona,” ujarnya.

Tiap maskapai sekali memberangkatkan tidak lebih dari 50 persen kursi yang ada. Seperti Garuda Indonesia, Farid mengatakan hanya dibatasi 50 persen dari total seat yang ada.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button