Universitas Widya Gama Mahakam
Balikpapan

KPU dan Bawaslu Bahas Rekrutmen PPK

Jajaran KPU dan Bawaslu Balikpapan saat rapat di Kantor KPU Balikpapan, Senin (20/1)

===

Balikpapan, DiswayKaltim.com – KPU Balikpapan menggelar pembahasan bersama Bawaslu Balikpapan. Tujuannya, menyamakan persepsi rekrutmen calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Rapat berlangsung di Kantor KPU Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Senin (20/1).

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, penyamaan persepsi harus dilakukan karena setiap tahapan pemilihan umum menjadi objek pengawasan oleh Bawaslu.

“Termasuk rekrutmen panitia ad hoc (PPK) ini, karena mereka juga diberi beban oleh Bawaslu Kaltim dan Bawaslu RI,” kata Noor Thoha katanya kepada Disway Kaltim.

Persepsi yang disamakan pertama tentang periode jabatan sebagai PPK sepanjang pelaksanaan pemilihan umum. Mulai dari pemilihan legislatif, pemilihan presiden, pemilihan gubernur hingga pemilihan wali kota Balikpapan.

“Satu periode ada pileg, pilpres, dan pilwali serta pilgub. Ada yang memaknai ini harus kumulatif. Kalau cuma satu tidak masuk periode,” lanjutnya.

Kendati ada pihak yang memaknai satu kali menjabat PPK sudah menjadi satu periode. “Ketika periode kedua menjadi PPK lagi, maka yang bersangkutan cukup dua periode yang berturut-turut,” terangnya.

Kemudian pada periode terakhir atau keempat dimulai tahun lalu. Maka PPK pada periode 2018 masih berpeluang menjadi PPK pada tahun ini.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button