Universitas Widya Gama Mahakam
Index BeritaLaporan Khusus

Melihat Tabang Project PT Bayan Resources Tbk (1): Bangun Kebun Binatang dengan Ribuan Jenis Satwa

Dahlan Iskan mengajak tim Disway Kaltim-Kaltara untuk melihat Tabang Project PT Bayan Resources, baru-baru ini, akhir Mei 2022. Kawasan perkantoran perusahaan pertambangan itu luas sekali, di dalamnya terdapat Tabang Zookebun binatang dengan ribuan jenis satwa dari seluruh dunia.

Tabang, Bayu Surya

ADA empat kebun binatang terbesar dan lengkap di dunia. Pertama, Taman Zoologi Sri Venkateswara di India. Kebun binatang ini terbesar di Asia dengan luas 5.532 hektare dan terletak di Kota Ziarah Tirupati.

Kedua, Kebun Binatang dan Akuarium Columbus di Ohio, Amerika Serikat. Dengan luas 558 hektare, kebun binatang ini berisikan 11.000 jenis hewan. Bahkan, lebih dari 200 hektare lahannya telah dikembangkan sebagai habitat satwa dan ruang publik.

Baca Juga
  • Hyde Park
  • Ibu Ani

Ketiga, Taman Zoologi Nasional Pretoria di Afrika Selatan. Kebun binatang ini memiliki luas 210 hektare. Dan terakhir, Kebun Binatang Henry Doorly Nebraska di Amerika Serikat. Yang merupakan rumah bagi hampir 17.000 satwa dari 962 spesies dengan luas mencapai 53 hektare.

Di Indonesia, terdapat banyak kebun binatang terkenal. Seperti Bali Safari and Marine Park, Batu Secret Zoo, Margasatwa Ragunan, Gembira Loka, dan masih banyak lagi.

Tapi siapa yang tahu, ada sebuah kebun binatang yang megah di Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara. Bahkan lokasinya berada di kecamatan paling ujung, yakni Desa Gunung Sari, Kecamatan Tabang.

Kebun binatang ini diberi nama “Tabang Zoo”. Luasnya 5 hektare. Ini merupakan Tabang Project PT Bayan Resources Tbk. Salah satu perusahaan inovator di bidang industri pertambangan batu bara terbesar di Tanah Borneo. Milik Dato’ Dr. Low Tuck Kwong.

tabang zoo
Kebun Binatang di Tabang yang dibangun PT Bayan di area perkantorannya.

Dalam kunjungan Tim Disway bersama Dahlan Iskan, Pembina Disway National Network (DNN), kami secara khusus diajak berkeliling Tabang Zoo oleh managemen PT Bayan melihat kebun binatang mengendarai Golf Car 6 kursi.

Tentu saja, pandangan mata langsung terfokus pada kemegahan dan kebersihan di Tabang Zoo ini. Hingga berasa sedang berada di dunia film ‘Jurassic World’. : Tanpa dinosaurus ya.

Lanjut, pagi itu sekitar pukul 06.30 Wita. Cuaca masih sejuk. Para karyawan yang bertugas khusus di areal Tabang Zoo, terlihat sedang disibukkan dengan memberi makan, membersihkan kandang dan memastikan kesehatan seluruh satwa.

Tujuan pertama ke kandang Burung Unta. Abah Dahlan pun terlihat bersemangat dan langsung mendatangi kelompok burung terbesar yang masih hidup ini. Tingginya bisa mencapai 2,5 meter atau melebihi tubuh orang dewasa.

Burung Unta ini biasanya digunakan sebagai tunggangan untuk perlombaan bagi sebagian masyarakat di Afrika Utara dan Arab.

Burung yang berasal dari Sabana dan bagian gurun Afrika di utara dan selatan zona hutan khatulistiwa ini tidak dapat terbang. Dan termasuk dalam kumpulan primitif bernama Ratit (Palaeognaths) atau nama ilmiahnya Struthio Camelus.

Abah Dahlan pun tak mau kehilangan moment tersebut. Abah langsung mengambil setumpuk daun kangkung untuk memberi makan Burung Unta dari pagar luar. “Gantian gantian makannya,” kata Abah.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button