KriminalKukar

Pelajar SMK Tenggarong Kedapatan Bawa Sabu

banner diskominfo kaltim

Kukar, nomorsatukaltim.com – Penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar masih kerap terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya kasus narkoba yang berhasil digagalkan Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Kukar, belakangan ini.

Sebelumnya ketahuan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kukar, kini seorang pelajar SMK di Kecamatan Tenggarong tertangkap tangan lantaran kedapatan bawa sabu.

Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama, melalui Kapolsek Tenggarong AKP Yasir mengatakan, pelajar tersebut berinisial AH (18) siswa kelas 3 di salah satu SMK di Tenggarong. AH ditangkap di Jalan Gunung Muria, Kelurahan Melayu, Tenggarong, Senin (11/4/2022) sore sekitar pukul 17.00 Wita.

“Dari tangan pelaku, kami amankan 3 poket sabu ukuran kecil. Serta sebuah suntikan,” kata Yasir pada wartawan, Selasa (12/4/2022) pagi.

Dari pengakuan AH, sabu itu dibeli untuk dipergunakan sendiri. “Ngakunya pakai sendiri. Tapi masih kita dalami perihal tersebut,” tutur Kapolsek.

Sementara terungkapnya kasus ini, berawal adanya informasi dari masyarakat. Bahwa di Jalan Gunung Muria, kerap terjadi transaksi narkotika. Dari informasi tersebut, Kapolsek langsung memerintahkan Unit Reskrim untuk melakukan pengintaian di lapangan.

“Sewaktu di TKP, kita lihat pelaku dengan gerak-gerik yang mencurigakan. Kemudian anggota langsung bergerak mengamankan pelaku,” jelas Yasir.

Tak ada perlawanan yang dilakukan AH saat itu. AH pun pasrah saat digeledah petugas. “Sabu-sabu itu kita temukan di dalam jaket miliknya. Dia mengaku baru membeli di loket Samarinda,” ujarnya.

Usai diamankan, AH langsung digiring ke Mapolsek Tenggarong. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Saat ini pelaku sudah kita tahan dan ditetapkan sebagai tersangka. Dan kita jerat dengan Pasal 114 jo Pasal 127 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman lima tahun penjara,” pungkasnya. (Bay/dah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button