Berau

Kabut Asap Kembali Ganggu Penerbangan

banner diskominfo kaltim

Penerbangan di Bandara Kalimarau pada Kamis (22/8) siang kembali terganggu karena kabut asap.(Zuhrie/DiswayBerau)

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyelimuti Kabupaten Berau, kembali mengganggu penerbangan di Bandara Kalimarau, Kamis (22/8).

Hal itu diakui Kepala Seksi Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau, Budi Sarwanto. Dikatakannya, akibat kabut asap operasional bandara sempat ditutup sementara.

“Operasional bandara ditutup sementara waktu karena kondisi asap semakin tebal,”katanya kepada awak media Kamis (22/8) siang.

Lanjut Budi, penutupan layanan penerbangan diberlakukan sejak pukul 09.00 Wita. “Hanya sementara saja hingga kondisi jarak pandang membaik, kami tunggu sampai jam 10.30 Wita, jika memang belum ada perkembangan akan docoba untuk perpanjang lagi satu jam,”ungkapnya.

Akibat ditutupnya operasional di Bandara Kalimarau, beberapa maskapai memundurkan jam penerbangan.

“Kalau dari Kalimarau ada dua maskapai yang tidak terbang tepat waktu dan ada satu maskapai dari Balikpapan tidak bisa mendarat ke sini,”jelasnya.

Berdasarkan pengakuan Budi, jarak pandang di Bandara Kalimarau hanya mencapai 2 Km. Budi juga mengatakan bahwa banyaknya kepulan asap yang terlihat dari arah ujung bandara.

“Sepertinya ada aktivitas pembakaran lahanm, karena dilihat dari warna asap yang dominan kekuningan,”katanya.(*/fst/app)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button