Berau

Itkab Berau Satu-satunya APIP Level III di Kaltim

Workshop yang digelar di Kantor Inspektorat Kabupaten Berau, Kamis (15/8). (Fery/ DiswayBerau)

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com – Inspektorat Kabupaten Berau, menjadi salah satu dari enam belas Aparat Pengawasan Intern Pemerintahan (APIP) Level III tingkat nasional dan menjadi yang pertama di Kalimantan Timur.

Hal itu dibahas dan diumumkan pada workshop Peningkatan Kapabilitas APIP Level III di Lingkungan Provinsi Kalimantan Timur, yang digelar di Kantor Inspektorat Kabupaten Berau, Kamis (15/8).

Baca Juga

Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Timur, Adil Hamonangan Pangihutan menjelaskan, bahwa workshop sengaja dilaksanakan di Kabupaten Berau, guna memberikan pengaruh kepada seluruh daerah di Kalimantan Timur.

“Kegiatan ini awalnya ingin kami laksanakan di Samarinda, berhubung Berau telah menjadi APIP level III di Kaltim , kami ingin memberikan efek domino kepada daerah lain di Kaltim agar dapat mengikuti dan mencontoh kinerja yang dilakukan oleh Inspektorat Berau,” terangnya kepada DiswayBerau.

Lanjutnya, BPKP Provinsi Kalimantan Timur juga berharap ini menjadi motivasi daerah lain untuk lebih meningkatkan program dan kinerja di daerah masing-masing.

“Kami berharap semua daerah memiliki success story masing-masing, walaupun untuk saat ini daerah lain belajar dari success story Inspektorat Berau,” katanya.

BPKP Kaltim akan meningkatkan pendampingan kepada daerah lain agar dapat mengikuti jejak prestasi yang dimiliki oleh Berau.

“Kami juga telah melakukan pendampingan kepada sepuluh kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Timur hingga memiliki kapabilitas level III,”ungkapnya.

Kapabilitas APIP level III ini diharapakan dapat memberikan peringatan kembali kepada pemerintah daerah setempat.

“APIP ini bertugas memberikan rewarning kepada kepala daerah atau kepala dinas yang memiliki program yang sedang berjalan dan berkewajiban memberikan masukan jika program tersebut dapat dilanjutkan atau harus stop,”jelasnya.

Inspektur Inspektorat Berau Riza Fahmi menerangkan bahwa prestasi ini tidak lepas dari bimbingan dari BPKP Kaltim untuk memenuhi enam elemen sebagai bahan penilaian.

“Kami berusaha mengoptimalkan enam elemen tersebut dengan seluruh sumber daya yang kami miliki,” katanya.

Riza juga membeberkan dua tugas APIP Berau, yakni sebagai fungsional editor dan pengawas pemerintahan P2UPD.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button