Berau

Distanak Turunkan Petugas, Pastikan Hewan Kurban Sehat

Setiap sapi yang akan dikurbankan selalu dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan. (Hendra/DiswayBerau)

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com – Demi memastikan kesehatan hewan kurban yang akan dipotong saat Iduladha, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Berau, menempatkan sejumlah petugasnya di sejumlah lokasi tempat pemotongan.

Disampaikan Kabid Keswan dan Kesmavet, I Putu Setion, untuk pengawasan sendiri pihaknya akan menunjuk petugas yang akan akan memonitoring dan mengawasi saat pemotongan baik itu di masjid, maupun di tempat pemotongan kurban lainnya.

Baca Juga

“Untuk wilayah Kecamatan Tanjung Redeb setiap masjid dan lokasi pemotongan sudah ditunjuk petugas pengawas hewan kurbannya,”katanya Sabtu (10/8).

Sementara untuk pemeriksaan hewan kurban di wilayah yang berada di luar kota Tanjung Redeb, pengawasannya diserahkan petugas teknis yang ada di kecamatan.

“Kalau wilayah kecamatan lainnya, itu diawasi oleh petugas teknis peternakan yang sudah kami tempatkan di kecamatan setempat,”ungkapnya.

Sementara untuk pengawasan daging sapi yang dijual di pasar, seperti Pasar Sanggam Adji Dilayas, pemantauannya di bawah wewenang UPTD Rumah Potong Hewan (RPH). Apalagi sebagian besar daging sapi yang dijual di pasar tersebut berasal dari pemotongan hewan di UPTD RPH.

Lanjut Putu, sejauh ini, pihaknya belum pernah menemukan adanya penyakit berbahaya pada sapi dan kambing yang dikurbankan.

“Tidak pernah ditemukan kasus penyakit yang membahayakan manusia,” pungkasnya. (*/zza/app)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button