Berau

Gempa 4.8 SR Laut Toli-Toli Getarkan Kecamatan Bidukbiduk

banner diskominfo kaltim

Gempa berkekuatan 4.8 SR getarkan Kecamatan Bidukbiduk Jumat (9/8) dinihari sekira pukul 00.05 Wita.(Hendra/DiswayBerau)

Bidukbiduk, DiswayKaltim.com – Masyarakat di kecamatan Bidukbiduk, dikagetkan dengan gempa berkekuatan 4.8 SR yang terjadi Jumat dini hari.

Disampaikan Sekretaris Kampung Teluk Sulaiman Kecamatan Bidukbiduk, Risno Kiay, gempa tersebut dirasakan cukup jelas sekira pukul 00.05 Wita.

Baca Juga

“Saat itu saya lagi bersama beberapa orang teman, getarannya sekali saja, tapi cukup kuat,” ujarnya kepada DiswayBerau.

Getaran gempa tersebut langsung menjadi perbincangan hangat masyarakat Bidukbiduk. Apalagi, berselang beberapa saat setelah getaran muncul informasi yang dikatakannya bersumber BMKG, bahwa gempa telah terjadi di 199 KM Barat Laut Toli-Toli Sulawesi Tengah dengan kedalaman 10 Km.

“Di salah satu grup media sosial masyarakat Bidukbiduk ramai. Tapi sepertinya tidak sampai menimbulkan kepanikan, hanya kaget saja,”terangnya.

Sementara itu, Camat Bidukbiduk, Syafri, juga membenarkan adanya gempa. Namun kata dia, peristiwa itu tidak memegaruhi aktivitas warganya seperti yang terjadi saat gempa dan tsunami di Sulteng yang lalu.

“Gempanya tidak terlalu berpengaruh dengan kegiatan masyarakat di sini,” jelasnya.

Kapolsek Bidukbiduk AKP Herman, menyampaikan, bahwa sejauh ini aktivitas masyarakat masih normal. Pihaknya juga telah mengimbau yang ada di wilayah hukumnya melalui bhabinkamtibmas untuk tetap tenang dan tetap beraktivitas seperti biasanya.

“Sejauh ini aman saja. Warga Bidukbiduk juga sudah paham, dan sampai saat ini masih tetap tenang, masih tetap beraktivitas secara normal. Kami juga meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi yang sifatnya hoaks agar tidak menimbulkan kepanikan,”terangnya.

Terpisah Kepala BMKG Berau, Tekad Sumardi juga membenarkan adanya gempa terjadi, namun skalanya masih rendah yakni hanya berkisar 4.8 SR terjadi pukul 00.05 Wita. Namun kata dia, getaran gempa bisa saja kembali dirasakan masyarakat yang ada di Bidukbiduk, baik itu dengan kekuatan yang lebih besar atau bisa lebih kecil.

“Tapi itu belum bisa kami prediksi,” pungkasnya. (*/zza/app)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button