Berau

Disbudpar Gelar Pelatihan SDM Pariwisata

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau bersama Komisi X DPR RI, Kementerian Pariwisata dan Politeknik Pariwisata Negeri Lombok menggelar pelatihan SDM. (Fery/DiswayBerau)

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com – Kementerian Pariwisata bersama dengan Politeknik Pariwisata Negeri Lombok memberikan Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan bagi masyarakat di Kabupaten Berau, Senin (5/8).

Bertempat di Grand Parama Hotel, kegiatan diikuti oleh berbagai elemen masyarakat yang dipercaya memiliki kontribusi terhadap pariwisata daerah.
Disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Masrani, kegiatan ini diharapkan memberikan kesadaran dan pelayanan kepada masyarakat untuk mengembangkan kepariwisataan di daerah tempat tinggalnya.

Baca Juga

“Sumber Daya Manusia di Berau sangat minim mengakibatkan pelayanan menjadi tidak maksimal, dalam hal pariwisata,” ujarnya kepada DiswayBerau.

Belum terpenuhinya target kunjungan pariwisata di Berau, menguatkan alasan terlaksananya kegiatan ini.

“Target Berau belum bisa terpenuhi karena minimnya tingkat kesadaran orang – orang yang ada di daerah tujuan wisata tentang pelayanan pariwisata,” ungkap Masrani.

Pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, diakuinya telah melakukan promosi hingga ke mancanegara untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di Kabupaten Berau.

“Sampai saat ini kami masih terus mengembangkan dan meningkatkan strategi promosi untuk menambah minat kunjungan wisata ke Berau,” imbuhnya.

Ditemui di tempat yang sama, Anggota Komisi X DPR RI Zuhdi Yahya berharap kedepan masyarakat Berau, yang telah mengikuti pelatihan SDM agar potensi di Berau lebih di kembangkan lagi.

“Yang harus diperhatikan bukan hanya daerah tempat wisata saja, melainkan sarana, prasarana, dan infrastruktur di daerah tempat wisata tersebut,” katanya.

Banyaknya potensi wisata di Berau, menguatkan alasan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk melakukan pelatihan kepada masyarakat yang dipercaya memiliki kontribusi terhadap pariwisata daerah.

“Berau memiliki banyak tujuan wisata, ada banyak jenis wisata yang bisa dikembangkan oleh masyarakat Berau,” ujarnya.

Lanjut dia, kebudayaan, kemaritiman, dan ekowisata yang paling tampak jelas keberadaannya di Berau, menjadikan Berau sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang wajib dikunjungi dan dipromosikan hingga ke mancanegara.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button