Berau

Data Penduduk Berau Belum Update

banner diskominfo kaltim

Jumlah pasti penduduk Berau pada tahun 2019 belum diketahui Disdukcapil Berau. (Zuhrie/DiswayBerau)

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com – Meski telah memasuki Juli 2019, hingga saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) belum memiliki data jumlah penduduk baru di Kabupaten Berau.

Padahal seperti pada tahun sebelumnya, pasca hari raya Idulfitri jumlah penduduk Berau dipastikan akan bertambah seiring banyaknya pendatang baru yang mencari kerja di Kota Sanggam.

Kepala Seksi (Kasi) Pengolahan dan Penyajian Data Disdukcapil Berau, Slamet mengatakan, belum tersedianya data lengkap terkait peningkatan jumlah penduduk di Berau, lantaran hingga saat ini pihaknya belum menerima lampiran data jumlah penduduk dari pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Menurutnya, sistem perekaman KTP el yang bebasis online dan menginduk di pusat, menyebabkan hanya Kemendagri yang dapat mengeluarkan data resmi jumlah kependudukan bukan dari Dusdukcapil daerah.

“Karena itu sampai saat ini data pertumbuhan penduduk untuk semester 1 tahun 2019 diperkirakan baru akan keluar pada Agustus mendatang,” jelasnya.

Untuk 2018, tercatat jumlah penduduk berau telah mencapai angka 224.654 jiwa, naik sekitar 2.818 jiwa dari tahun 2017 yang hanya 221.836. Dari angka kenaikan tersebut, rata-rata didominasi oleh pendatang dari luar Berau.

Selain itu, keberadaaan dunia industri petambangan dan perkebunan yang saat ini mendominasi masih menjadi primadona para pekerja dari luar Berau, bahkan luar Kalimantan, untuk datang ke Bumi Batiwakkal.

Berkaca pada tahun tahun sebelumya, Slamet menilai, peningkatan angka pertumbuhan penduduk Berau untuk 2019 diprediksi masih akan tetap sama menyusul semakin banyak dibukanya lapangan pekerjaan.

“Kemungkinan besar masih akan sama yaitu didominasi kalangan pekerja daripada angka kelahiran, tapi untuk data pastinya kita tunggu lampiran resmi dari Kemendagri Agustus nanti,” tutupya.(*/rie/app)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button