HLPolitik

Komposisi Bawaslu Kaltim Hanya Berganti Satu Nama

Tahun 2023 Dimungkinkan Seleksi Tambahan

Jakarta, nomorsatukaltim.com – Hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Komisoner Bawaslu Kaltim telah keluar. Tiga nama ini berhasil lolos menjadi komisioner periode 2022-2027. Satu di antaranya bukan petahana.

Mereka adalah Galeh Akbar Tanjung, Hari Dermanto dan Wamustofa Hamzah. Galeh dan Hari adalah petahana Bawaslu Kaltim. Wamustofa pendatang barunya. Kendati ia pun berpengalaman lantaran pernah menjadi Komisioner Bawaslu di Kota Balikpapan.

Surat keputusan tersebut keluar pada Sabtu (17/9/2022) dan ditandatangani langsung oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja. Surat itu bernomor: 316/KP.01.00/K1/09/2022

Dengan demikian, komposisi Bawaslu Kaltim hanya berganti satu orang saja. Yakni Dr Saipul, ketua Bawaslu periode sebelumnya. Dan masuk Wamustofa. Sementara Ebin Marwi dan M Ramli periode jabatannya di Bawaslu Kaltim masih hingga tahun 2023. Baru tahun depan diperkirakan ada seleksi tambahan komisioner.

Baca Juga

Untuk diketahui, Ebin dan M Ramli sebetulnya sempat ikut pula pada seleksi Bawaslu Kaltim kemarin. Sebelum adanya keputusan DPR RI dan Bawaslu RI yang menyatakan hanya 3 orang komisioner saja yang diseleksi. Dua lagi masuk komposisi komisioner tambahan dan akan diseleksi tahun 2023. Sesuai masa periodenya.

Pelantikan rencananya akan digelar bulan depan sesuai jadwal, setelah masa jabat Bawaslu periode ini berakhir.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button