Universitas Widya Gama Mahakam
HLIndex BeritaNasional

Tidak Ada Ormas Khilafatul Muslimin di Kaltim, Kesbangpol Siapkan Langkah Antisipasi

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Kesbangpol Kalimantan Timur (Kaltim) memastikan tidak ada organisasi masyarakat (Ormas) Khilafatul Muslimin di Kaltim. Atau organisasi yang berafiliasi mengikuti aliran-aliran di luar wawasan kebangsaan.

Itu disampaikan Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya Agama dan Organisasi Badan Kesbangpol Kalimantan Timur, Ismed Indah, menanggapi ditangkapnya 6 penggerak Khilafatul Muslimin di beberapa daerah di Indonesia yang ramai diberitakan media itu.

“Kita masih memantau saja. Khilafatul Muslimin itu di pusat, kalau di sini belum ada lapor ke kita,” jelas Ismed seperti dilansir Antaranews di Samarinda, Senin (20/06/2022).

Berdasarkan penelusuran media ini, Khilafatul Muslimin adalah sebuah organisasi keagamaan Indonesia yang mengusung ideologi khilafah.
Organisasi tersebut didirikan oleh Abdul Qadir Baraja pada 1997 dan berpusat di Lampung. BNPT menyebut bahwa pendiri organisasi ini pernah bergabung dengan Negara Islam Indonesia (NII)–yang ingin mendirikan negara agama dan mempunyai visi yang sama dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Pekan lalu, Polda Metro Jaya telah menangkap seorang petinggi ormas tersebut. Yang katanya bertentangan dengan ideologi Pancasila itu.
Yakni seorang berinisial AS yang disebut-sebut sebagai Menteri Pendidikan Khilafatul Muslimin. Seperti diberitakan Kompas.com, AS ditangkap
di wilayah Mojokerto, Jawa Timur, Senin (13/06/2022) pukul 00.30 WIB.

Dengan begitu, sudah ada enam orang yang ditangkap lantaran diduga terafiliasi dengan ormas Khilafatul Muslimin. Termasuk pemimpin tertingginya: Abdul Qadir Baraja.

Penangkapan ini bermula ketika anggota Khilafatul Muslimin melakukan konvoi di Cawang, Jakarta Timur. Video peristiwa tersebut sempat viral di media sosial. Tampak peserta konvoi ada orang dewasa dan anak-anak. Mereka mengenakan pakaian bernuansa hijau.

Di antara yang konvoi itu ada yang mengibarkan bendera dan poster betuliskan “Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyyah”.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button