Universitas Widya Gama Mahakam
HLIndex BeritaLaporan Khusus

Melihat Tabang Project PT Bayan Resources Tbk (3): Jembatan Belayan dan Jalan 100 Km untuk Masyarakat

Sejak melakukan eksplorasi di Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada 2003 dan mulai produksi di tahun 2005, PT Bayan Resources Tbk (BYAN), banyak memberikan bantuan kepada masyarakat melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility). Bahkan, perusahaan milik Dato’ Dr. Low Tuck Kwong ini dikabarkan kembali memberikan kejutan. Dengan membangun Jembatan Belayan serta jalan sepanjang 100 kilometer dari Tabang menuju Kutai Barat.

 

Tabang, Bayu Surya

MEMBANGUN, membangun dan membangun. Kata itu yang menjadi fokus dalam tulisan ini. Pun dua tulisan sebelumnya. Memang nyatanya demikian. PT Bayan Resources telah melakukan pembangunan besar-besaran di pedalaman.

Satu lagi, pembangunan mega proyek milik Bayan sudah mulai dikerjakan. Itu terlihat saat Tim Disway Kaltim-Kaltara melakukan kunjungan bersama Dahlan Iskan. Selain membangun kebun binatang, Bayan juga membangun jalan. Tembus dari Tabang hingga Muara Pahu, Kutai Barat (Kubar). Progresnya sudah mencapai 75 persen.

Dan tentu saja, dalam pembangunan jalan serta jembatan di atas Sungai Belayan, Bayan pun berani mengeluarkan dana fantastis. Yakni sekitar Rp 2,9 triliun. Lebih besar dari pada dana pribadi Dato’ Dr Low Tuck Kwong yang disumbangkan kepada tiga universitas di Pulau Jawa.

Dari pantauan di lapangan. Pembangunan jalan 100 kilometer dan jembatan untuk masyarakat lebih dulu dilakukan Bayan. Di bandingkan jalan hauling untuk operasional tambang. Pembangunan ini dilakukan oleh PT Karunia Wahana Nusa milik Djie Tjin Seng alias Haji Aseng.

Untuk jalur masyarakat, Bayan membangun jalan selebar 7,5 meter atau bisa dilalui dua kendaraan dari dua arah berbeda. Sementara jalan hauling, lebarnya sekitar 16 meter. Bahkan saat ini, jalur khusus masyarakat tersebut sudah bisa dilalui. Walau belum dilakukan pengaspalan, hanya berupa tanah keras.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button