BalikpapanHL

PLN Siapkan Kebun Listrik IKN, Luasnya 68,2 Hektare

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyiapkan lahan seluas 68,2 hektare untuk menyemai sinar matahari. Rencana kebun listrik itu merupakan tindaklanjut keputusan pemerintah menggunakan energi baru terbarukan dalam pembangunan ibu kota negara.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kaltimra, Saleh Siswanto mengatakan solar farm digunakan untuk mengisi battery energy solar system (BESS) 100 MWh pada busbar panel 20 kV GISS (Gardu Induk Solar System).

“Untuk mengisi penuh BESS dengan total kapasitas 100 MWh diperlukan 50 MWp solar farm. Waktu pengisiannya  1 hari,” katanya.

“Estimasi investasinya sebesar Rp 972 miliar berdasarkan referensi panduan strudi PLTS terpusat,” beber Saleh Siswanto.

Baca Juga

PLN Kaltimra berkoordinasi dengan Bapenas, kementerian BUMN dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk merancang sumber energi di ibu kota negara.

“Kami telah menyiapkan jaringan distribusi kV untuk keperluan pekerjaan pra-konstruksi di sekitar lokasi IKN dan siap dipergunakan,” ujarnya.

Kondisi kelistrikan sub sistem Mahakam di Kaltim interkoneksi dari sistem Barito melalui GI (Gardu Induk) Tanjung ke GI Komam. Dengan beban puncak tertinggi sub sistem Mahakam sebesar 521 MW dengan daya mampu saat ini mencapai 850 MW.

Kesiapan PLN dalam mendukung pengembangan IKN juga diungkap dalam Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI ke Balikpapan, baru-baru ini.

Di Sistem Mahakam, menurutnya masih memiliki cadangan daya sebesar 329 MW. Sementara untuk Provinsi Kalimantan Utara masih isolated. Atau belum terinterkoneksi ke transmisi 150 kV.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button