HLLaporan Khusus

Samarinda Kerap Banjir, Waduk Benanga Hanya Berfungsi 30 Persen

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Awal bulan ini, Samarinda dilanda banjir. Ketinggian air di sejumlah permukiman bahkan mencapai satu meter.  Seperti di Perum Griya Mukti dan Perum Bengkuring. Lalu kawasan Terong di Kelurahan Sempaja Timur, Samarinda Utara mulai terendam. Juga sepanjang bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Karang Mumus.

Berdasarkan pantauan kami pada 30 November 2020 lalu, ketinggian air mencapai 80 cm. Menyentuh level kuning atau waspada.

Aktivis Lingkungan,  Krisdiyanto mengatakan, fungsi dari Waduk Benanga dalam menampung debit air kurang maksimal, hanya 30 persen saja. Hal ini dikarenakan adanya pendangkalan dan penyempitan di waduk dan Sungai Karang Mumus (SKM). Jika hal tersebut dibiarkan, kemungkinan jebolnya waduk bisa terjadi.

“Kemungkinan itu pasti ada, karena konstruksi waduk menggunakan fondasi yang lama. Saat ini ada beberapa pembaharuan di sebelah kiri,” katanya, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga

Kemudian, Krisdiyanto menjelaskan, pada tahun 1998 Waduk Benanga pernah jebol di bawah ketinggian air 100 cm. Dan pada bulan Juni 2020 ketinggian air mencapai 102 cm, dan tidak jebol.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button