Universitas Widya Gama Mahakam
HLLaporan Khusus

MBS: Meski Mangkrak, Eks Puskib Tetap Produktif

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Direktur Utama PT Melati Bhakti Satya (MBS) Agus Dwitarto mengatakan, investor bekas lahan Puskib, PT Sinar Balikpapan Development (SBD) berencana mengubah konsep kawasan itu. Dari sebelumnya mix used development menjadi pusat UMKM.

“Hasil rapat kami (dengan SBD), yang diajukan adalah mal untuk usaha kecil dan menengah. Kalau di Jakarta seperti Thamrin City, ITC,” kata Agus Dwitarto.

Konsep itu, memiliki potensi pasar yang tinggi. Mengingat, rencana pemindahan IKN (Ibu Kota Negara) ke Kaltim. Tentu akan menjadikan bangunan itu sebagai pusat perbelanjaaan, penyokong ibu kota. Dibanding dengan kawasan terpadu atau mix used development yang berisi supermall, apartemen dan perkantoran.

Baca Juga

“Dengan konsep itu, tentu akan ubah IMB. Dan sekarang ini (pembangunan) masih wait and see. Akhir tahun itu menjadi tonggak pembangunan, untuk melangkah tahun depan,” tuturnya.

Bekas lahan Puskib, merupakan aset Perusda MBS. Meski saat ini belum nampak kegiatan pembangunan, Agus Dwitarto mengatakan, perusahaan memiliki pemasukan. Yaitu adanya uang kompensasi sewa lahan. Artinya, SBD berkewajiban menyetorkan uang kompensasi itu kepada MBS.

Dengan begitu, meski pembangunan supermall itu mangkrak, lahan itu tetap menghasilkan. “Artinya, walaupun mangkrak, tetap produktif (menghasilkan),” katanya kepada media ini.

Kompensasi itu, rata-rata Rp 2 miliar per tahun. Itu yang harus disetorkan SBD ke MBS. Namun, selama ini, penyetoran tak lancar. Dari sejak perjanjian hingga sekarang ini, tunggakan sewa yang belum terbayarkan mencapai Rp 20 miliar. Dikarenakan persoalan finansial dari sang investor itu.

“Ya kita tidak bisa maksain. Tetapi, sudah ada perjanjian. Dan sudah dinotariatkan. Berarti haknya MBS menagih itu sepanjang zaman ada terus,” bebernya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button