HLMetropolis

Ismunandar Miliki Kekayaan Paling Rendah Ketimbang Bupati/Wali Kota Lain di Kaltim

Samarinda, DiswayKaltim.com – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar dan istrinya Encek UR Firgasih diketahui bukan kepala daerah dan ketua DPRD dengan kekayaan besar. Jika di banding dengan kepala daerah dan ketua DPRD di kabupaten kota lainnya.

Bahkan, Ismu tercatat dengan jumlah kekayaan terendah di banding kepala daerah lainnya. Dengan total Rp 3,1 miliar. Data ini tercatat dalam LHKPN milik Ismunandar yang dilaporkan Ismu pada 17 Maret 2020, untuk periodik 2019.

Pun begitu dengan Encek. Dari ketua DPRD kabupaten/kota se-Kaltim, encek berada diurutan kedua terakhir. Dengan total kekayaan Rp 1,6 miliar. Setingkat lebih tinggi dari Ketua DPRD Samarinda Siswadi. Encek melaporan kekayaannya pada 14 April 2020, untuk periodik 2019.

“LHKPN adalah sebuah alat untuk memastikan bahwa penyelenggara negara bisa kita monitor kondisi kekayaannya, apakah wajar atau tidak. Masyarakat punya akses untuk melihat laporan kekayaan penyelenggara negara. Itu salah satu transparansi dari penyelenggara negara,” kata Alfi Rachman Waluyo, koordinator Wilayah Kaltim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Minggu (5/7).

Berdasarkan data tersebut, Ismu tercatat memiliki tanah seluas 101.105 meter persegi. Di mana, 80.129 meter persegi di antaranya tersebar di Kutai Timur. Dan 21.105 meter persegi tersebar di Samarinda. Ismunandar juga memiliki bangunan di atas tanah seluas 249/120 meter persegi di Samarinda. Seluruh luasan tanah dan bangunan yang dimiliki itu bernilai Rp 2,9 miliar lebih.

Untuk alat transportasi, Ismunandar tercatat hanya memiliki mobil Suzuki SB416 tahun 1997. Nilainya, Rp 40 juta. Harta bergerak lainnya dan kas atau setara kas milik Ismunandar, jumlahnya Rp 174.038.015 atau Rp 174 juta lebih.

Ismunandar dan istrinya, Encek UR Firgasih, tercatat tak memiliki utang. Encek, tercatat memiliki harta kekayaan berupa tanah seluas 1.172 meter persegi di Kutai Timur. Nilainya Rp 1,4 miliar lebih.

Alat transportasi, ketua DPRD Kutai Timur ini tercatat memiliki mobil Toyota Rush 1.5 G tahun 2011. Nilainya Rp 105 juta. Untuk item kas dan setara kas dalam pengimuman LHKPN milik Encek, ia tercatat memiliki uang senilai Rp 46,3 juta lebih.

Seluruh harta kekayaan atas nama Encek berjumlah Rp 1,6 miliar lebih. Terdiri dari tanah, alat transportasi dan kas yang disebutkan tadi.

Seperti diberitakan sebelumnya, OTT KPK itu berlangsung di Jakarta. Ismu, sapaan akrab Ismunandar, diamankan di salah satu restoran di ibu kota negara itu. Encek pun sama, diringkus lembaga anti rasuah itu di Jakarta.

Kasus tindak pidana korupsi itu terkait pekerjaan infrastruktur di Pemkab Kutim, tahun anggaran 2019/2020. Dari OTT itu, ditemukan sejumlah uang Rp 170 juta, beberapa buku tabungan dengan total saldo Rp 4,8 miliar. Dan sertifikat deposito senilai Rp 1,2 miliar.

SURIANSYAH PALING KAYA

Selain Bupati Kutim Ismunandar dan istrinya, Encek UR Firgasih, KPK juga mengamankan tiga kepala OPD di Pemkab Kutim, Kamis (2/7) malam itu. Mereka adalah  Aswandini, Musyaffa dan Suriansyah.

Aswandini, kepala Dinas Pekerjaan Umum. Musyaffa, kepala Bappenda dan Suriansyah, kepala BPKAD. Mereka diamankan di Jakarta. Sama seperti sang bupati dan istrinya. Dari penelusuran Disway Kaltim, KPK telah menerbitkan LHKPN ketiganya. Harta kekayaan ketiganya dilaporkan pada tahun 2020. Untuk periodik 2019.

Dari LHKPN masing-masing milik mereka, yang diperoleh Disway Kaltim. Aswandini tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp 1,7 miliar lebih. Musyaffa Rp 2,6 miliar lebih. Dan Suriansyah Rp 10,7 miliar lebih.

Rincian harta kekayaan Aswandini, dari LHKPN-nya itu, terdiri dari tanah seluas total 520 meter persegi. Tersebar di Jakarta Utara, Samarinda dan Kutim. Seluruhnya bernilai Rp 2,8 miliar. Kemudian Aswandini tercatat memiliki mobil Honda Jeep tahun 2017, mobil Honda minibus tahun 2002, mobil Jeep Hartop tahun 1986 dan motor Harley Davidson Solo tahun 2003. Seluruhnya bernilai Rp 850 juta. Ia juga memiliki utang senilai Rp 1,8 miliar lebih.

Sementara rincian harta kekayaan Musyaffa, kepala Bapenda ini juga memiliki tanah seluas 600 meter persegi. Tersebar di Kutim. Kemudian tanah dan bangunan seluas 200/135 meter persegi di Samarinda. Seluruhnya bernilai Rp 515 juta.

Musyaffa, memiliki alat transportasi berupa motor Yamaha, mobil Mitsubishi jenis minibus tahun 2019. Totalnya bernilai Rp 425 juta. Harta bergerak lainnya Rp 22,5 juta dan kas atau setara kas Rp 1,6 miliar lebih. Musyaffa tak memiliki utang, berdasarkan pengumuman LHKPN-nya itu.

Rincian selanjutnya. Harta kekayaan Suriansyah. Kepala BPKAD ini memiliki tanah dan bangunan di Kutim dan Kukar. Seluruhnya bernilai Rp 6,7 miliar lebih. Alat transportasinya, mobil Honda CRV, Honda Brio, motor Honda jenis scooter dan Honda NF 125 TR. Seluruhnya bernilai Rp 549,2 juta. Harta bergerak lainnya milik Suriansyah senilai Rp 322,4 juta. Sementara kas atau setara kas, senilai Rp 3 miliar. Suriansyah tercatat tak memiliki utang.

Untuk diketahui, Aswandini, Musyaffa dan Suriansyah telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Bersama dengan Ismunandar dan istrinya. Usai kasus OTT yang digelar Kamis malam tersebut. (sah/dah)

Daftar harta kekayaan bupati/wali kota di Kaltim

1. Abdul Gafur Mas’ud (PPU): Rp 36.601.376.075 /Rp 36,6 miliar lebih

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button