HLNasional

Usulan Tim Gugus Tugas,  Usia di Bawah 45 Tahun Bisa Kembali Bekerja Normal

Iklan Ucapan Selamat Rektor Unmul

Doni Monardo ketika menyampaikan perkembangan COVID-19 setelah rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo.

================

 

Baca Juga

Jakarta, DiswayKaltim.com – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19) Doni Monardo punya rencana berani. Ia akan memberi kesempatan bagi masyarakat dengan rentang usia 45 tahun ke bawah untuk kembali bekerja meski Indonesia belum bebas COVID-19.

“Soal memberikan kesempatan kepada kelompok usia 45 tahun ke bawah untuk bekerja kembali, ini harus dilihat kembali konteksnya pada Permenkes Nomor 9 tahun 2020 yaitu pasal 13, jadi ada 11 bidang kegiatan yang bisa diizinkan,” kata Doni Monardo di kantornya di Jakarta, Selasa.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)itu menyampaikan hal tersebut seusai mengikuti rapat terbatas dengan tema “Evaluasi Pelaksanaan Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar” yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo melalui video conference.

Dalam pasal 13 ayat 3 Peraturan Menteri Kesehatan No 9 tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19 disebutkan peliburan tempat kerja dikecualikan bagi kantor atau instansi strategis yang memberikan pelayanan terkait pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, distribusi, logistik, dan kebutuhan dasar lainnya.

“Kenapa kita menganjurkan para pimpinan perusahaan di kantor untuk memberikan prioritas untuk kelompok usia yang relatif muda, karena data yang berhasil dikumpulkan Gugus Tugas, bahwa usia 60 tahun ke atas mengalami angka kematian tertinggi yaitu 45 persen. Kemudian usia 46 tahun sampai 59 tahun mengalami tingkat kematian 40 persen. Ini data yang kita kumpulkan 2 bulan terakhir,” tambah Doni.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button