HLLaporan Khusus

Agar Tak Antre, Transaksi di SPBU Pakai Non-Tunai

Samarinda, DiswayKaltim.com – Transaksi pembayaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina, selama ini dilakukan secara langsung dengan uang tunai. Wacananya, pada Juni 2020 mendatang, Pertamina akan merealisasikan pembayaran non tunai di SPBU seluruh Indonesia.

Kepala Kantor Perwakilan (BI) Kaltim, Tutuk Setya Hadi Cahyono mengaku mendukung penuh langkah tersebut. “Oh bagus banget dong. Sejalan dengan program GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai, Red.) yang sudah lama disosialisasikan BI,” katanya Selasa (3/3).

Dengan transaksi cashless di SPBU, kata dia, bisa mengurangi risiko peredaran uang palsu di lapangan. Serta lebih efisien, cepat, dan nyaman.

Hanya saja, Tutuk mengaku ia belum mengetahui persis bagaimana sistem non tunai yang akan diterapkan Pertamina.  Apakah dalam bentuk aplikasi atau sejenis kartu khusus semacam fuel card. Dan sasarannya, hanya pengguna BBM subsidi, non subsidi, atau keduanya.

“Kalau sasarannya hanya BBM subsidi, bagus! Bisa menertibkan kendaraan yang perlu disubsidi apa tidak,” terangnya.

Namun jika diterapkan secara keseluruhan, baik subsidi dan non subsidi, lanjut Tutuk, juga lebih baik lagi. Karena akan mempercepat pelayanan dan mengurangi antrean. “Settlement-nya juga cepet. Enggak perlu nunggu kembalian,” sambungnya.

Dengan transaksi non tunai, disebut Tutuk, penyaluran BBM subsidi akan lebih tepat sasaran. Karena pengguna BBM subsidi dan non subsidi akan lebih termonitor. Serta, masyarakat akan lebih terdidik untuk transaksi pembayaran non tunai. Mengikuti era digitalisasi ekonomi yang berkembang saat ini.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button