HL

Menteri PPN/Bappenas Sebut Pulau Kalimantan Unik

banner diskominfo kaltim

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebut Kalimantan merupakan pulau yang unik di dunia.

Ini disampaikan ketika memberi arahan dan sambutan pada acara Konsultasi Regional Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 untuk Kalimantan yang berlangsung di Hotel Novotel, Balikpapan, Selasa (20/8/2019).

“Kalimantan ini unik. Pulau dengan negara terbanyak di dunia. Ya di Kalimantan. Karena ada tiga negara di pulau ini. Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia. Tidak ada satu pun negara di dunia yang pulaunya ada tiga negara. Jadi sekarang berada di pulau yang unik,” katanya.

Jika ibu kota negara jadi dipindah ke Kalimantan, lanjut dia, maka di Pulau Kalimantan terdapat dua ibu kota negara. Yakni ibu kota Indonesia, dan ibu kota Brunei Darussalam: Bandar Seri Begawan.

“Kalau ibu kota negara pindah ke Kalimantan. Maka ada dua ibu kota. Indonesia dan Brunei. Betapa strategisnya pulau ini, betapa uniknya pulau ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, konsultasi regional Kalimantan untuk penyusunan RPJMN 2020-2024 dilaksanakan di Balikpapan.

Sebelumnya, Kementerian PPN/Bappenas telah menggelar konsultasi regional RPJMN untuk Pulau Jawa-Bali di Surabaya, Pulau Sulawesi di Manado, Pulau Sumatera di Medan. Berikutnya, konsultasi regional Nusa Tenggara dilaksanakan di Labuan Bajo. Sementara untuk Papua dan Maluku, digelar di Sorong. (sah/eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button