HL

Api Berhasil Dipadamkan, Jalan Minyak Masih Ditutup hingga 2 Jam ke Depan

banner diskominfo kaltim

Setelah hampir 3 jam akhirnya api berhasil dipadamkan. Selama kebakaran terjadi operasional kilang disebut tidak terganggu. 

Balikpapan, DiswayKaltim.com  – Kejadian terbakarnya pipa minyak milik Pertamina RU V bukan turn around (TA) atau perawatan dari yang sebelumnya santer disebutkan warga sekitar. Seperti diketahui pekan lalu Pertamina RU V mengeluarkan imbauan terkait akan adanya kegiatan perawatan pada area kilang.

Region Manager and CSR Pertamina RU V Kalimantan Heppy Wulansari membenarkan bahwa peristiwa merupakan kebakaran pada instalasi pipa. Kronologis kejadian, api muncul sekitar pukul 09.30 Wita dari dalam kilang di area RU V Balikpapan. Namun, setelah mengetahui kejadian tersebut, pihak Pertamina langsung berupaya melakukan pemadaman menggunakan foam dan air.

Baca Juga

“Pada pukul 12.15 Wita api berhasil dipadamkan,” ujar Happy Wulansari, Kamis (15/8/2019).

Hingga saat ini Pertamina masih melakukan pendinginan agar api tidak kembali muncul dari pipa penghubung antar tanki. Setelah pendinginan, tim lapangan akan segera melakukan investigasi terhadap kejadian tersebut. “Masih menunggu penanganan proses pendinginan, kemudian baru bisa dilakukan investigasi,” tambahnya.

Lanjut Heppy, masyarakat diimbau untuk tidak khawatir karena operasional kilang saat kejadian masih berlangsung dengan normal. Bahkan pasokan ke Kalimantan dan Indonesia Timur juga masih baik-baik saja.

“Yang pasti dari kejadian ini masyarakat kami imbau tidak perlu khawatir. Karena operasional kilang masih beroperasi secara normal dan ini tidak mengganggu pasokan BBM ataupun LPG untuk Kalimantan maupun Indonesia bagian timur,” terangnya.

Heppy juga menjelaskan, jika ada masyarakat yang terkena dampak dari kejadian ini, bisa menghubungi pihak Pertamina atau langsung ke Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB). “Kepada masyarakat sekitar kilang juga tadi sudah kami antisipasi, memang api cukup besar dan angin cukup kencang jadi banyak mengarah ke permukiman warga. Kepada masyarakat juga telah kami lakukan sosialisasi, kita juga bagikan masker antisipasi asap dan saat ini sudah aman,” jelasnya.

Hingga satu atau dua jam ke depan, Jalan Minyak masih ditutup pihak Pertamina dan beberapa kendaraan dialihkan ke jalur lain. “Truk tidak bisa masuk. Penanggulangan masih terus kami lakukan jadi jalur masih kita tutup dan beberapa kendaraan belum bisa melintas. Bisa lewat dan pintu kami buka kira-kira satu atau dua jam ke depan,” ujar Happy. (k/bom/eny)

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button