FeatureHL

Mencoba Maxim, Pilihan Baru Transportasi Online di Balikpapan

Tarif Lebih Murah, Layanan Masih Terbatas

Oleh: Darul Asmawan

PILIHAN akan transportasi online di Kota Minyak makin beragam. Teranyar, layanan transportasi daring asal Rusia, Maxim, hadir menambah alternatif pilihan bagi masyarakat.

Lalu, bagaimana dengan layanannya ? DiswayKaltim.com mencoba jalan-jalan dengan memesan kendaraan melalui aplikasi Maxim.

Sebelumnya, tentu saja install dulu aplikasi layanan ini di handphone.  Tidak butuh waktu lama, layanan Maxim sudah dalam genggaman.

Ukuran megabyte aplikasi ini juga tidak memakan banyak kuota, hanya 11 MB. Masih lebih besar Grab 52 Mb atau Gojek 43 Mb pada versi terbarunya. Mmmh, dari sini saja Maxim sudah lebih “murah”.

Lumayan hemat kuota. Mungkin juga karena varian layanannya tidak seramai kedua pesaingnya, sehingga aplikasinya tidak menuntut banyak fitur pilihan.

Tidak sulit memahami menu pilihan yang ada. Sama seperti duo G, (Grab-Gojek) meski keduanya lebih memiliki banyak pilihan layanan. Maxim sampai saat ini hanya menyediakan layanan roda dua dan empat. Ditambah layanan berkirim barang atau dokumen.   

Perjalanan Disway Kaltim dimulai dari kawasan Balikpapan Islamic Centre. Mencoba membandingkan harga layanan transportasi motor pada ketiga aplikasi. Pesanan diarahkan ke kawasan e-Walk BSB. Kurang lebih jaraknya 8 kilometer.

Hasilnya, Maxim memang lebih murah, aplikator asal Rusia itu memasang tarif Rp 17 ribu. Sedangkan Gojek dan Grab masing-masing Rp 21.000 dan Rp 22.000.

Wandi, bukan nama sebenarnya, sang driver Maxim yang ditumpangi DiswayKaltim.com menuturkan, harga murah menyebabkan banyak masyarakat Balikpapan beralih menggunakan Maxim.

“Mungkin pihak aplikator memasang promo harga murah, untuk memperkenalkan Maxim ke masyarakat. Karena masih baru, belum banyak masyarakat yang menggunakan aplikasinya. Dan terbukti banyak beralih atau sekadar mencoba Maxim,” katanya.

Remaja berambut keriting itu menjadi driver ojol sudah hampir dua bulan. Sepengetahuannya, pengemudi ojol motor Maxim di Balikpapan ada sekitar 200 orang.

Disway Kaltim juga mencoba merasakan ojek mobil milik Maxim. Dengan rute sebaliknya; e-Walk BSB ke kawasan Balikpapan Islamic Center. Dari perbandingan harga dengan duo G, Maxim masih lebih murah, yaitu Rp 29 ribu. Sementara Gojek dan Grab tarifnya kompak Rp 36 ribu.

Baik motor dan mobil tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan driver. Waktu penjemputan juga hanya 4 sampai 6 menit. Dilihat dari waktu itu, tentu jarak pengemudi saat diorder tidak jauh-jauh amat.

Soal pembagian pendapatan, Maxim memberi 90 persen untuk driver. Ada insentif sebesar Rp 100 ribu bagi pengemudi yang menyelesaikan 30 orderan dalam seminggu.

Putra, bukan nama sebenarnya, driver mobil Maxim yang ditumpangi Disway mengatakan, jumlah ojek mobil Maxim saat ini diperkirakan hanya 70 orang. Sebagian besar adalah pengemudi yang ditolak Gojek maupun Grab.

“Ada juga pengemudi yang terkena pemutusan hubungan mitra dan di-suspend atau ditangguhkan sementara statusnya sebagai pengemudi oleh Gojek dan Grab,” ujarnya.

Hadirnya Maxim memberikan masyarakat pilihan dalam memilih transportasi yang tidak saja nyaman, tapi juga murah. Pun begitu dengan para driver yang punya pilihan lain mengais rezeki.

Setidaknya, ketiga aplikasi hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada akhirnya, masyarakat selaku konsumen yang menentukan pilihan; Gojek. Grab, atau Maxim.(eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button