HL

Bandara Sepinggan Sebabkan Rencana PAD Balikpapan Turun

Pendapatan asli daerah direncanakan turun pada RAPBD-P 2019. Pemkot pun dituntut bisa memaksimalkan potensi. (Ariyansah/diswaykaltim.com)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Pendapatan asli daerah (PAD) Balikpapan direncanakan turun pada RAPBD-P (Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah-Perubahan) Balikpapan 2019. Dari Rp 710 miliar menjadi Rp 688,42 miliar.

Hal itu mendapat tanggapan dari Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Muhammad Taqwa. Menurutnya, Pemkot Balikpapan harus pandai melihat potensi sumber PAD.

Baca Juga

“Pemkot harus lebih giat lagi berimprovisasi, berinovasi ekstra untuk melihat potensi dan peluang yang belum tergarap maksimal,” katanya kepada DiswayKaltim.com, Selasa (6/8/2019).

Selama ini, kata dia, masih banyak sumber-sumber PAD yang belum tersentuh oleh OPD (organisasi perangkat daerah) terkait maupun pihak BPPDRD (Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah) Balikpapan.

“Banyak yang belum maksimal. Seperti pajak reklame belum maksimal, pajak restoran juga belum tergarap dengan baik,” ujarnya.

Jika disepakati target PAD turun sesuai yang tertuang pada RAPBD-P tersebut, Pemkot Balikpapan harus bekerja maksimal. Jangan sampai target PAD yang telah diturunkan dari jumlah pada APBD 2019 itu tak tercapai.

“Jangan sampai tidak tercapai. Karena kan sudah turun. Ya kita harus sama-sama berusaha semaksimal mungkin,” katanya.

Salah satu alasan mendasar PAD yang direncanakan turun tersebut karena beroperasinya Bandara APT Pranoto di Samarinda. Hal itu membuat pendapatan dari retribusi parkir di bandara SAMS Sepinggan berkurang. Juga berdampak pada pendapatan dari sektor lainnya.

“Pemkot menyampaikan, memang ada sektor-sektor yang menurun. Ketika APT Pranoto dibuka, ada dampak-dampaknya. Pendapatan parkir menurun, hotel, kuliner kita juga berdampak,” terangnya.

Bagi Taqwa, wajar jika terjadi penurunan rencana PAD. Namun demikian, hal itu tak harus dijadikan alasan untuk tak berbuat maksimal dalam hal merealisasikan target.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button