HL

Syahruddin Menunggu Keputusan Demokrat

Syahruddin M Noor

Penajam, DiswayKaltim.com – Kendati meraih suara terbanyak dan berhak menduduki kursi pimpinan dewan, Syahruddin M Noor, anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU) terpilih periode 2019-2024 masih menunggu keputusan internal DPP Partai Demokrat.

Pemilihan legislatif April 2019 lalu di tingkat PPU, partai politik binaan Susilo Bambang Yudhoyono itu meraih empat suara.

Baca Juga

Syahruddin mengatakan, sejauh ini pihaknya telah mengajukan satu nama saja untuk diusulkan memimpin lembaga dewan di Bumi Benuo Taka itu. Siapa nama yang dimaksud?

“Kami mengusulkan nama tunggal. Siapa lagi kalau bukan saya. Alasannya, saya memperolah suara terbanyak dibandingkan dengan tiga caleg lainnya yang terpilih internal Partai Demokrat,” kata Syahruddin M Noor.

Alasan lainnya, selain dia memimpin DPC Partai Demokrat PPU, pria berkacamata ini pada periode 2014-2019 juga masuk unsur pimpinan dewan sebagai wakil ketua DPRD PPU.

Tidak hanya itu, usulan namanya itu juga disetujui oleh pengurus DPC Partai Demokrat PPU. “Saat ini kami menunggu keputusan DPP Partai Demokrat. Ada mekanisme pada tingkatan partai politik yang harus diikuti,” ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU sudah merilis nama-nama anggota DPRD PPU terpilih masa bakti 2019-2024. Jumlahnya 25 orang. Atas dasar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD PPU 2019 yang digelar KPU PPU, Senin (22/7), terdapat tiga partai politik dengan ranking perolehan suara terbanyak.

Pertama, Partai Demokrat mendapatkan suara sah terbanyak 15.735 yang diperoleh dari tiga daerah pemilihan (dapil) 1 Penajam, dapil 2 Sepaku, Dapil 3 Babulu-Waru. Kedua, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memperoleh suara sah 13.696 suara. Ketiga, PDI Perjuangan memperoleh suara sah sebanyak 11.042 suara.

Ketiga partai politik ini masing-masing mendapatkan empat kursi legislatif. “Apabila melihat urut-urutan suara terbanyak, maka, komposisi unsur pimpinan dewan lima tahun ke depan dipimpin legislatif dari Partai Demokrat, dan dua unsur wakil ketua dari Partai Gerindra, dan PDI Perjuangan,” kata Fadliansyah, anggota DPRD PPU 2014-2019. (m4/dah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button