AdvertorialHL

Syahruddin: OPD Pemkab Harus Inovatif

banner diskominfo kaltim

Syahruddin M Noor

Penajam, DiswayKaltim.com – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Penajam Paser Utara (PPU) harus inovatif di dalam melayani masyarakat. Secara berkala, sekretariat daerah menyelenggarakan kegiatan lomba OPD paling inovatif-kreatif.

Wakil Ketua DPRD PPU H Syahruddin M Noor SE mengatakan itu agar pelayanan oleh tiap OPD di jajaran Setda PPU meningkat signifikan dan memberi pelayanan prima sebagaimana dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga

“Pemkab PPU telah memiliki komitmen dalam rangka mewujudkan innovative government yang selanjutnya dapat menghadirkan inovasi dan kreativitas tata kelola administrasi pemerintahan serta meningkatkan efektifitas dan evisiensi pelayanan publik,” kata Syahruddin M Noor.

Sebagai tindaklanjut ini, kata Syahruddin, pihaknya telah melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PAN-RB) di Jakarta, baru-baru ini.

Pertimbangan kunjungan itu pada  ketentuan Pasal 390 Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyusul pada 14 September 2017 Presiden Joko Widodo meneken Peratuaran Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah atau pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Syahruddin M Noor mengatakan, kunjungan kerja juga dalam rangka mendukung tata kelola adminitrasi pemerintahan serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan publik. DPRD secara kelembagaan bakal memberi kritik dan masukan secara konstruktif kepada pihak eksekutif.

Ia mengusulkan agar pemerintah daerah  menciptakan aplikasi terkait dengan inovasi adminitrasi di setiap OPD. Setelah itu merealisasikan lomba yang secara berkala digelar oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Disitulah nanti bermunculan inovasi OPD, karena pastinya semua OPD menginginkan juara nasional,” katanya.

Ditingkat lokal, lanjutnya, pemerintah daerah juga diharapkan menggelar lomba setiap OPD dilingkup pemerintahan kabupaten PPU, sehingga juga ada OPD juara utama dalam pelayanan dan menjadi tolok ukur atau percontohan setiap OPD. (m4/dah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button