HLNasional

BMKG: Jelang Akhir Pekan, Hujan Lebat Berpeluang Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia

banner diskominfo kaltim

(ilustrasi)

Jakarta, DiswayKaltim.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai angin kencang terjadi di beberapa wilayah di akhir bulan Juni 2019.

Berdasarkan pantauan BMKG, beberapa wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau. Musim kemarau tidak berarti tidak ada hujan sama sekali.

Baca Juga

Dari pantauan BMKG, kondisi cuaca, Sabtu (29/6/2019), wilayah yang berpotensi hujan lebat diprediksi akan terjadi di Papua dan Papua Barat, sedangkan untuk wilayah Sumatera Utara memiliki potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Sedangkan, pada Minggu (30/6/2019), hujan lebat diprediksi terjadi di wilayah Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat dan Papua. Sedangkan Kalimantan Barat diprediksi akan hujan lebat disertai kilat / petir dan angin kencang.

“Berdasarkan pengamatan BMKG, hujan lebat yang terjadi disebabkan karena adanya pusat tekanan rendah (Low) 94W di Samudera Pasifik Timur Filipina (1006 mb) dimana berpotensi menjadi Siklon Tropis cukup tinggi dan Sirkulasi Siklonik di Papua Barat (level 925/850 mb),” tulis BMKG, sebagaimana disampaikan Bagian Hubungan Masyarakat, Jumat (28/6/2019).

Selain itu, terpantau Konvergensi di Perairan Barat Sumatera dan belokan angin terdapat di Sumatera Barat, Kep. Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Perairan Utara Sulawesi, Maluku Utara dan Papua Barat

“BMKG akan terus mengupdate informasi peringatan dini cuaca, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terkait cuaca, kualitas udara dan gempa bumi serta tsunami bisa melalui aplikasi “infoBMKG” yang dapat di download melalui Play store dan Apps store,” pungkasnya. (dai/indopos/eny)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button