Hiburan & Gaya Hidup

Lima Cara agar Produksi ASI Tetap Melimpah

Iklan Ucapan Selamat Rektor Unmul

Jakarta, nomorsatukaltim.com – Di hari pertama menyambut kelahiran bayi, biasanya timbul rasa khawatir akan kecukupan ASI. Pikiran negatif ini pun membuat ibu tergoda untuk memberikan susu formula untuk menutup kebutuhan si kecil.

Valinda Riggins Nwadike, spesialis obstetri dan ginekologi, berkata, pada kenyataannya suplai ASI ibu cukup untuk bayi. Namun ada beberapa cara untuk membuat produksinya berlimpah.

“Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk meningkatkan suplai ASI bergantung pada seberapa rendah suplai Anda untuk memulai dan apa yang berkontribusi pada rendahnya produksi,” kata Nwadike.

Pertama, lebih sering menyusui. Nwadike menyarankan agar ibu membiarkan bayi yang memutuskan kapan waktunya berhenti menyusu. Lebih sering menyusui akan memicu produksi ASI lebih banyak.

Baca Juga

“Saat bayi Anda menyusu pada payudara Anda, hormon yang memicu payudara Anda menghasilkan ASI dilepaskan. Itu adalah let-down reflex,” ujarnya.

Let-down reflex terjadi saat otot payudara berkontraksi dan mengeluarkan ASI. Ini terjadi segera setelah bayi mulai menyusu. Artinya, makin sering menyusui, makin banyak ASI.

Kedua, pompa di sela waktu menyusui. Memompa ASI akan membantu ibu menghindari mastitis (payudara bengkak). Juga menyediakan ASI buat si kecil. Saat tidak bisa menyusui secara langsung (direct breastfeeding).

Ternyata memompa ASI di sela menyusui bisa memicu produksi ASI. Sebaiknya hangatkan payudara. Agar proses memompa lebih nyaman dan mudah.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button