Universitas Widya Gama Mahakam
Pajak

DJP Kaltimtara Tarik Pajak Karbon Mulai April

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Kalimantan Timur dan Utara bakal menarik pajak emisi karbon, per 1 April 2022.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pajak (Kanwil DJP) Kalimantan timur dan Utara Max Darmawan menyampaikan hal itu baru-baru ini.

Menurutnya pemerintah melalui kementerian terkait telah mengamanatkan DJP untuk memulai menjalankan regulasi Undang-Undang (UU) Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) nomor 7/2021.

Baca Juga

Termasuk di dalamnya regulasi yang mengatur pajak karbon. “Dalam pasal 13, pemerintah mengamanahkan kepada DJP untuk melakukan penarikan pajak karbon yang dikenakan atas pembelian barang yang mengandung karbon atau aktivitas yang menghasilkan emisi karbon monoksida (CO2),” ujar Max.

Menurutnya, tahap awal penerapan regulasi ini diperuntukkan bagi perusahaan atau industri yang menghasilkan karbon, utamanya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Adapun tarif pajak yang dikenakan yakni Rp 30 per kilogram CO2 equivalen. “Ini berlaku mulai 1 April 2022. Jadi untuk sementara ini baru badan yang bergerak (di bidang) pembangkit listrik tenaga uap. Nanti mungkin dalam perkembangannya beda lagi, sektor-sektor yang dapat menghasilkan emisi karbon,” terangnya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button