Ekonomi

Masa Depan Kaltim Ada di Sektor Perkebunan Berkelanjutan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sektor perkebunan di Kalimantan Timur (Kaltim) kini menjadi unggulan dalam menggeser ketergantungan terhadap sumber daya ekstraktif.

Itu disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Ujang Rachmad, pada acara “Apresiasi Lima Tahun Program Perkebunan Berkelanjutan di Kalimantan Timur” .

Menurut Ujang, sumbangan sektor perkebunan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan pendapatan asli Kalimantan Timur menunjukkan tren positif.

“Sektor perkebunan akan menjadi andalan Kalimantan Timur untuk perlahan-lahan menggeser ketergantungan terhadap sumber daya ekstraktif,” katanya seperti dikutip Antaranews di Balikpapan, Selasa (28/06/2022).

Baca Juga

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 menunjukkan bahwa kontribusi sektor perkebunan terhadap PDRB Kalimantan Timur adalah sebesar 4,97 persen
(Rp 16,95 triliun) berdasarkan harga konstan.

Namun, berdasarkan harga berlaku, nilai PDRB subsektor perkebunan ini mencapai Rp 34,52 triliun atau naik sebesar Rp4,5 triliun. Atau naik 15,14 persen dari tahun 2020.

Masih dari sumber yang sama, tercatat luas peruntukan lahan untuk perkebunan di Bumi Etam mencapai 3,27 juta hektare.

Dari total luasan tersebut, yang sudah memiliki Izin Usaha Perkebunan (IUP) sekitar 2,75 juta hektare di mana sekitar 1,28 juta hektare adalah perkebunan
kelapa sawit aktif . Angka ini, kata Ujang, adalah bukti bahwa masa depan ekonomi Kalimantan Timur berada di sektor perkebunan.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button