Ekonomi

Harga Batu Bara Naik Turun, DMO Tetap 25 Persen

banner diskominfo kaltim

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Baru sempat merasakan kenaikan, harga batu bara turun lagi. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltim Christianus Benny menyebut harga tersebut masih fluktuatif.

Diketahui, pada perdagangan Kamis (31/3/2022), harga batu bara melemah 0,28 persen atau 251,35 dollar per ton. Padahal pada Rabu (30/3/2022) sempat naik 2,6 persen atau 252,05 dollar per ton.

Benny pun menyebut perusahaan batu bara tetap harus meningkatkan produksi, demi menjaga pasokan.

“Di sempat sempatkan saja tingkatkan produksi mumpung hari panas,” ucapnya kepada nomorsatukaltim.com – Disway National Network (DNN).

Katanya harga batu bara tersebut memiliki kandungan kalori yang beragam. Rata-rata batu bara yang mengikuti kenaikan tersebut memiliki kalori 6.200 hingga 6.900 GAR.

Dengan kata lain naiknya harga tersebut dikhususkan untuk yang memiliki kalori tinggi. Adapun batu bara dengan kalori 3.000 hingga 5.000 GAR harganya menyesuaikan.

“Kalau yang ambil kalori 3.000-5.000 harga disesuaikan, biasanya di tiap minggu ada perubahan harga,” imbuhnya.

Namun, baru-baru ini kementerian ESDM menerbitkan peraturan baru. Di mana harga batu bara industri ditetapkan 90 dollar per ton. Kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 April, khusus pasar dalam negeri.

Hal ini ditetapkan dalam Kepmen ESDM Nomor 58.K/HK.02/MEM.B/2022 tentang Harga Jual Batubara untuk Pemenuhan Kebutuhan Bahan Baku/Bahan Bakar Industri di Dalam Negeri. Berkaca pada itu, maka kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) kembali ditekankan. Di mana besaran DMO adalah 25 persen.

“DMO itu sudah kewajiban, kan sudah ada aturan yang mengatur 25 persen. Setahu saya kalau DMO kurang dari 25 persen, perusahaan akan kena teguran,” jelas Benny.

Bahkan kementerian ESDM sudah mencabut 387 izin usaha pertambangan (IUP) se-nasional yang dinliai melanggar aturan. Dari jumlah tersebut sebanyak 250 adalah IUP mineral dan 137 IUP batu bara.

“Sudah dapat kan bocorannya. Ya itu karena tidak menaati aturan tadi,” tutup Benny. (boy/zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button