Ekonomi

Keramahan Satpam jadi Senjata Pemasaran

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Satuan pengamanan (satpam) di kantor-kantor di era ini tidak hanya berperan menjaga keamanan fisik. Mereka bertransformasi menjadi mitra. Melayani klien hingga membentuk citra positif. Seperti pada Bank Central Asia (BCA). Keramahan yang diberikan menjadi strategi jitu pemasaran.

Soal citra keramahan satpam BCA ini juga menjadi satu dari banyak pembahasan strategi marketing pada ASEAN Marketing Summit 2021, Kamis (4/11/2021) lalu. Yang disampaikan Wakil Presiden Direktur PT BCA Tbk Armand Hartono pada sesi Capitalizing OMNI Capabilities.

Armand membeber wawasan soal satpam BCA yang saat ini menarik perhatian masyarakat karena layanan yang optimal. Armand mengungkapkan, kesuksesan BCA memberikan layanan berkesan tersebut dibangun selama 3 dekade lamanya.

Baca Juga

Dengan menekankan bahwa hierarki pada ekosistem kerja sudah tidak lagi relevan. Armand menilai satpam seharusnya dijuluki mitra dibanding karyawan.

Baginya, stigma keramahan yang beredar soal satpam BCA tidak menurunkan esensi keamanan yang dijunjung tuntutan pekerjaan tersebut. Ini menjadi hal baik yang bisa dicontoh perusahaan lainnya. Bahwa satpam bisa menjadi maskot perusahaan.

“Mereka (baca: satpam) senang untuk terlibat dengan klien dan dengan kami, dengan itu mereka menjadi lebih peka. Hal ini tidak mengurangi tingkat keamanan, justru meningkatkan tingkat keamanan karena mereka lebih waspada, dan lebih terlibat”.

“Saya pribadi mengenal semua penjaga keamanan di sekitar saya, dan ini adalah budaya yang harus kita bangun di perusahaan, kita orang Asia, ini tentang membangun komunitas.”, tambah Armand.

Seperti diberitakan di banyak media, satpam BCA sempat menjadi trending topic di Twitter. Hal itu karena pelayanan ramahnya kepada nasabah. Respons positif ini disambut Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja. Jahja memberikan apresiasi pada kinerja seluruh satpam di bank swasta terbesar itu.

Ia menyadari kinerja satpam menjadi penting bagi operasional perusahaan. Sebab, satpam menjadi salah satu garda terdepan perusahaan dalam melayani nasabah.

“Satpam menurut kita adalah ujung tombak pelayanan kita selain teller, CSO, ARO, dan lainnya. Mereka itu adalah ujung tombak yang melayani nasabah,” tuturnya. Tidak ada ukuran pasti, namun imej yang dibangun ini dipercayai ikut berkontribusi menumbuhkan perusahaan.

Inovasi OMNI Channel

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button