BalikpapanEkonomi

Program GWM Dorong Penghasilan Keluarga di Tengah Pandemi

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pada tahun ini, Program Gerakan Wanita Matilda (Mandiri, Terampil dan Berdaya) terus berjalan.

Tujuan dari program tersebut menjaga kecukupan stok pangan dan mendorong penghasilan keluarga di tengah pandemi COVID-19. Program ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2019 yang diselenggarakan Bank Indonesia bekerjasama tim penggerak PKK Balikpapan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto mengatakan melalui program ini para wanita matilda diberikan Training of Trainers berupa ToT Pembibitan Holtikultura dan Sayuran, ToT Budidaya Lele dan Kangkung dalam Ember, ToT Hilirisasi Produk, serta ToT Branding, Pacaking dan Akses Pasar.

“Ada enam kelompok GWM yang telah membentuk, memperluas dan memperkuat kawasan urban farming di masing-masing kelurahan,” kata Bimo Epyanto pada Rabu (28/10/2020).

Baca Juga

Masing-masing kelompok tersebut melakukan pembibitan terutama untuk cabai rawit, cabai besar, sawi, tomat, bayam, kangkung, kacang panjang, dan terong, serta beberapa tanaman lainnya.

Kegiatan urban farming juga dikolaborasikan dengan budidaya ikan lele dan kangkung dalam ember (BUDE) yang didukung oleh Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan.

Dari hasil monitoring yang dilakukan hingga Oktober 2020. Bahwa kegiatan urban farming tersebut telah berhasil memberikan hasil panen sebesar 161 kg cabai rawit, 287 kg tomat, 168 kg terong, 87 kg kacang panjang dan 106 kg lele.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button