Ekonomi

Permintaan Rendah, Balikpapan Alami Deflasi

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Kota Balikpapan pada September 2020 tercatat deflasi sebesar -0,46% (mtm). Angka tersebut lebih dalam dibandingkan periode sebelumnya sebesar -0,21% (mtm).

Secara tahunan, inflasi IHK Kota Balikpapan tercatat sebesar 0,13% (yoy). Inflasi tahunan Balikpapan masih berada di bawah target inflasi 2020 yang sebesar 3,0%±1.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto menjelaskan dari kelompok pengeluaran. Bahwa deflasi pada September disebabkan oleh penurunan harga kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan sumbangan sebesar -0,23% (mtm). Kemudian penurunan harga daging ayam ras, bawang merah dan cabai rawit.

“Bukan hanya penurunan harga. Deflasi juga didorong konsumsi yang masih tertekan selama Pandemi COVID-19,” kata Bimo Epyanto, Jumat (2/10/2020).

Kelompok pakaian dan alas kaki juga menjadi penyumbang deflasi bulan berjalan seiring dengan rendahnya permintaan terhadap beragam jenis sandang seperti celana panjang pria, baju anak setelan dan baju kaos kerah.

Menurut Bimo, kelompok transportasi juga masih menyumbang deflasi -0,11% (mtm).

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button