Universitas Widya Gama Mahakam
EkonomiHL

Olahan Kelapa Sawit Dominasi Ekspor Pertanian Kaltim

Minyak sawit dan produk olahannya mendominasi ekspor pada semester I/ 2020. Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Balikpapan mencatat ekspor produk tersebut mencapai 32,3 juta ton.

Kepala Karantina Pertanian Balikpapan, Abdul Rahman mengatakan, salah satu pulau penghasil sawit terbesar di Indonesia adalah Kalimantan. Sehingga tidak heran, apabila kelapa sawit menjadi sektor andalan Kalimantan Timur.

“Fasilitasi ekspor produk pertanian didominasi produk olahan sawit hingga mencapai 76 persen,” kata Abdul Rahman, Rabu (15/7).

Baca Juga

Berdasarkan data pada sistem perkarantinaan, IQFast Badan Karantina Pertanian (Barantan), selama 6 bulan terakhir volume ekspor produk olahan kelapa sawit tertinggi adalah RBD Palm Olien mencapai 25,1 juta ton.

Negara tujuan utama ekspor produk olahan sawit ialah Tionkok dengan frekuensi pengiriman sebanyak 21 kali. Negara kedua Filipina dengan frekuensi 14 kali pengiriman.

Urutan kedua adalah RBD Palm Strearin dengan volume 66,3 ribu ton. Kedua produk itu juga untuk memenuhi pasar kedua negara. Selanjutnya disusul cangkang sawit sebesar 4 juta ton dengan tujuan Jepang dan Korea Selatan.

Selain RBD Palm Olien dan RBD Palm Strearin, minyak sawit asal Balikpapan juga diekspor ke Tiongkok dan Filipina sebanyak 3 juta ton. “Tahun ini kita juga pernah ekspor benih kelapa sawit ke United Kingdom (Inggris) sebanyak 314 butir,” kata Abdul Rahman.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button