Ekonomi

Pariwisata Potensi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru Kaltim

Tutuk SH Cahyono.

Balikpapan, Disway Kaltim.com – Pemprov Kaltim berencana mengembangkan pariwisata sebagai pengganti pertambangan. Namun, sektor baru itu dinilai belum mampu mengangkat perekonomian karena berbagai sebab.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur Tutuk SH Cahyono menyarankan pemprov mendorong jasa di bidang pariwisata dengan potensi wisata budaya dan hutan alam tropis.

Baca Juga

“Pariwisata berpotensi semakin besar sebagai alternatif sumber pertumbuhan ekonomi jika digarap serius. Dan sinergi kolaboratif oleh semua pihak yang terkait,” kata Tutuk Cahyono, Selasa (27/8/2019).

Dia menyebutkan, sejumlah kota seperti Samarinda dan beberapa kota lain memiliki wisata susur Sungai Mahakam, wisata budaya khas suku Dayak. Selanjutnya, Balikpapan memiliki konservasi Beruang Madu, hutan mangrove, penangkaran buaya Teritip dan lainnya.

Untuk memajukan pariwisata di Kaltim, Tutuk menilai sejumlah tantangan dihadapi daerah ini berasal dari 3A. Yakni, aksesibilitas, amenitas dan atraksi. Ia mengambil contoh Kepulauan Derawan yang menjadi tujuan wisata utama di Kalimantan.

“Aksesi utama menuju Derawan lewat penerbangan udara masih terbatas dan relatif mahal. Terbatasnya konektivitas penerbangan dari provinsi lain menyebabkan wisatawan harus memilih penerbangan dengan transit yang lebih mahal dibandingkan penerbangan langsung,” kata dia.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button