Ekonomi

Dinas Pariwisata Minta Kementerian Bikin Kegiatan di Samarinda

banner diskominfo kaltim

Pemandangan Kota Samarinda. (Foto : internet)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Upaya peralihan dari bisnis batu bara ke bisnis pariwisata terus digencarkan. Salah satunya dengan merangsang bisnis perhotelan di Kota Tepian.

Kepala Dinas Pariwisata Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani menyebut, pihaknya telah meminta ke seluruh OPD di Pemkot Samarinda untuk melakukan pendekatan ke kementerian masing-masing.

Baca Juga

Tujuannya adalah dapat menggelar rapat atau kegiatan lain yang dilaksanakan di Samarinda. Dengan diadakan di Kota Tepian, pihaknya siap memberikan insentif supaya penyelenggara semakin tertarik dan yakin untuk mengadakan acara di ibu kota Kaltim.

Dia menyebut, sembari menawarkan hal tersebut, pihaknya perlu menyiapkan infrastruktur pendukung dan menjaga estetika kota. Sehingga kalau tamu dari luar kota datang jadi betah.

Kata Sulistiani, setelah kegiatan, tentu para tamu ingin mencari tempat wisata yang bagus dan layak dikunjungi.

“Ini akan mendongkrak bisnis perhotelan dan tempat wisata,” sebut dia.

Diketahui, sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tahun lalu PAD yang dihasilkan sebesar Rp 170 miliar hanya melalui hotel dan restoran.

Untuk mendongkrak PAD tersebut, sektor pariwisata harus digenjot. Karena itu Pemkot akan melakukan pembinaan terhadap destinasi wisata yang ada di Kota Tepian. (hdd/boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button