Ekonomi

Pengusaha Hotel Siap-Siap, Pemkot Segera Bikin Acara Nasional

Kepala Dinas Pariwisata Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani. (Hadid/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Bisnis pariwisata menjadi sektor alternatif menggantikan usaha ekstraktif. Untuk mendongkrak bisnis perhotelan dan restoran, Dinas Pariwisara Samarinda menggelar beberapa event nasional.

Kepala Dinas Pariwisata Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani mengatakan, sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) . Pada tahun lalu PAD yang dihasilkan sebesar Rp 170 miliar hanya melalui hotel dan restoran. Untuk mendongkrak PAD tersebut, sektor pariwisata harus digenjot. Karena itu Pemkot akan melakukan pembinaan terhadap destinasi wisata yang ada di Kota Tepian.

Baca Juga

“Bagaimana pun upaya promosi yang dilakukan, jika destinasi kurang menarik, pengunjung enggan datang kembali,” sebut dia.

Selain destinasi, Pemkot Samarinda menggelar event tingkat nasional. Sulistiani menyebut, November mendatang Samarinda akan menggelar Festival Mahakam (Fesma) yang ke-10. Acara ini sudah berskala nasional karena masuk list Kementerian Pariwisata. Pihaknya pun menggandeng event organizer dari Jakarta supaya bisa mendatangkan wisatawan dari luar negeri ke Samarinda.

Setelah Fesma, event skala nasional berikutnya yang berlangsung di Kota Tepian adalah Jakarta Travel Fair yang digelar di hotel dan mal. Berikutnya, Samarinda terpilih menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional. Dalam event ini kata dia akan dihadiri sekitar 15 ribu orang.

“Tentu ini akan berdampak ke bisnis perhotelan,” papar dia. (hdd/boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button