Ekonomi

Sambut Ibu Kota Baru, Apindo Minta Kampus Siapkan Sarjana Siap Pakai

Suasana wisuda Universitas Mulawarman. (Foto : ist.)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Gubernur Kaltim Isran Noor semakin percaya diri Benua Etam akan dipilih Presiden Joko Widodo. Namun, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kaltim mengingatkan kualitas SDM perlu ditingkatkan.

Ketua Apindo Kaltim Slamet Brotosiswoyo mengatakan, salah satu yang harus cepat dibenahi adalah kualitas SDM di Kaltim. Dia mencontohkan saat pembangunan kilang minyak malah menyerap tenaga kerja luar Kaltim.

Ini menunjukkan tenaga kerja lokal belum memiliki kompetensi yang cukup. “Jangan mengeluh atau menuntut. Tapi kita harus meningkatkan kualitas SDM supaya bisa lebih kompetitif,” sebut dia.

Menurut Slamet, salah satu cara meningkatkan kualitas SDM dengan mengadakan pelatihan yang dianggarkan oleh pemerintah daerah. Selain itu, perguruan tinggi mesti berupaya supaya lulusannya sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Masa untuk posisi manajemen saja pemerintah pusat harus membawa orang Jakarta. Untuk tenaga advokasi tak perlu membawa orang pusat. Tenaga kerja lokal harus diberdayakan,” tegas dia.

Dengan demikian, pemerintah pusat tak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk pemindahan pusat pemerintahan.

Sebab menurut dia, jika menggunakan tenaga kerja lokal tidak terlalu memakan biaya banyak. Artinya pemerintah tidak menanggung biaya transportasi dan akomodasi.

“Tenaga kerja lokal tentu sudah punya rumah di sini,” tutur dia. (hdd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button