Ekonomi

Baru 40 Persen UMKM Tersentuh Digital Marketing

Konsultan Digital Marketing Dedi Priansyah saat mengisi materi pelatihan bisnis online untuk UMKM di Samarinda. (Rizki Hadid, DiswayKaltim.com)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Menekuni usaha tetap harus mengikuti perkembangan zaman. Berbisnis secara digital pun tak terelakkan terutama pelaku UMKM.

Konsultan Digital Marketing Dedi Priansyah mengatakan, kendala UMKM saat ini masih kurangnya coach dan konsultan yang membantu mereka berjualan dengan cepat, efektif, dan efisien.

Baca Juga

Sebab pelatih dan konsultan di Kota Tepian masih sedikit. Selain itu kendala yang cukup besar adalah keterbatasan supplier bahan baku sehingga harga jual mereka lebih mahal dari Jawa.

Dedi menerangkan, peran digital marketing bisa memengaruhi penjualan hingga 70 persen. Sebab, menurut dia, kalau tidak pakai digital marketing, yang beli hanya orang Samarinda.

Diungkapkannya, pasar di Samarinda secara umum sudah jenuh. Makanya, dia menyarankan untuk memasarkan ke Bali, Papua, Jawa, Sumatera, dan lainnya melalui online.

Maka, lanjut Dedi, potensi pasar yang diraih menjadi semakin besar dan banyak.

“Misalnya orang Samarinda sudah biasa melihat amplang. Tapi di provinsi lain amplang ini masih sesuatu yang baru. Ini peluang,” ujar dia.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button